Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawan Arus, Nissan GT-R Godzilla Dibuat Offroad

Kompas.com - 12/07/2020, 13:21 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia modifikasi memang tidak memiliki batasan dalam menghasilkan karya. Apapun jenis mobilnya, bila memungkinkan untuk dirombak dengan beragam gaya maka sah-sah saja untuk dilakukan, termasuk saat tak sesuai kodrat sekalipun.

Contoh seperti Nissan GT-R R35 garapan Classic Youngtimers Consultancy, asal Belanda, yang nekat melawan arus merombak Godzilla menjadi sebuah mobil off-road.

Padahal, meski mengusung sistem penggerak empat roda, namun GT-R dilahirkan sebagai sebuah sportcar untuk berlari di jalan raya.

Baca juga: Pameran Modifikasi IMX 2020 Digelar Secara Online

Rombakan yang dilakukan juga cukup halus, artinya meski ada beberapa ubahan, namuan tak sampai mengubah perawakan asli dari GT-R.

Nissan GT-R Offroadhttps://classic-youngtimers.com/ Nissan GT-R Offroad

Pada eksterior, ubahan minimalis terlihat dari bagian bumper yang kini sudah dijadikan sarang untuk menempatkan lampu khas mobil penggaruk tanah.

Melansir dari Classic-youngtimers, Bar LED pun ikut disematkan pada bagian atap yang melekat di roof rail untuk mengentalkan nuansa mobil penjelajah lengkap bersama ban cadangan.

Sementara visual bodi diubah dengan tema militer yang mengesankan ketangguhan sportcar asal Jepang ini untuk bermain di lintasan non-aspal.

Baca juga: Panduan Ganti Ban Aftermarket Buat Pemilik Jimny JB74

Tidak hanya itu, masih banyak rombakan lain yang ikut diubah. Mulai dari over fender pada keempat roda, sampai yang paling ekstrem menaikan ground clearance-nya sebesar 120 mm dari ukuran stadar, tentu hal ini menjad hal yang aneh, karena ebagian besar pemilik GT-R justru berlomba-lomba untuk membuatnya menempel dengan aspal.

Nissan GT-R Offroadhttps://classic-youngtimers.com/ Nissan GT-R Offroad

Dengan terangkatnya ground clearance tersebut, maka pelek berdimensi 20 inci lebih leluas untuk masuk yang ditemani dengan satu set ban Toyot Proxes ST III yang umum digunakan para off-roader.

Sementara dari sisi tenaga, mesin VR38DETT berkubikasi 3.8000 cc twin-turbo V6 lansiran 2010 tersebut, diklaim tak banyak dilakukan perubahan. Classic Youngtimers Consultancy hanya sedikit melakukan setelan untuk membuatnya sedikit lebih bertenaga.

Baca juga: 3 Aspek Penting dalam Modifikasi Jok Mobil yang Sering Dilupakan

Meski soal racikan mesin ini benar-benar dirahasikan, namun diklaim bila tenaga Godzilla offroad ini lebih tinggi dibandingkan Nissan GT-R R35 vers Nismo yang mampu memproduksi tenaga sebesar 608 Ps.

Nissan GT-R Offroadhttps://classic-youngtimers.com/ Nissan GT-R Offroad

Nah, bagi yang berminat untuk meminang Nissan GT-R versi offroad ini tinggal siapkan dana sebesar 95.000 Euro atau bila dicairkan dalam rupih kisarannya mencapai Rp 1.5 miliar. Namun itu pun belum termasuk ongkos kirim dan pajak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com