Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Cegah Jamur di Busa Helm

Kompas.com - 11/07/2020, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comHelm merupakan barang yang penting dalam menunjang keselamatan pengendara motor. Sebagai barang yang wajib digunakan saat berkendara, tentunya harus merawat kondisi helm.

Jika tidak merawat helm dengan baik, bisa ada jamur yang tumbuh di busa-busa bagian dalam. Dengan adanya jamur tersebut membuat tampilan busa menjadi terlihat kotor selain itu jadi kurang enak untuk dilihat.

Pemilik helm tentunya tidak ingin hal ini terjadi. Sebenarnya ada cara mudah yang bisa mencegah tumbuhnya jamur di busa helm yaitu dengan meletakkan helm secara terbalik setelah digunakan.

Baca juga: Honda Bicara Soal Nasib Civic di Tanah Air

Helm Bell KOMPAS.com/Gilang Helm Bell

Pegiat komunitas pecinta helm, Belajar Helm, Ahmad M mengatakan, meletakkan helm secara terbalik setelah digunakan agar hawa atau udara panas dari helm cepat keluar.

“Biarkan helm secara terbalik kira-kira satu jam, kemudian taruh kembali dalam keadaan normal. Kalau tidak dibalik, biasanya gampang berjamur di bagian kain dalam helmnya,” kata Ahmad kepada Kompas.com, Jumat (10/7/2020).

Baca juga: Pilih Mana Suzuki GSX S150, Yamaha Vixion R, atau Honda CB150R?

Ahmad mengatakan, jamur yang ada pada bagian dalam helm disebabkan debu yang bercampur dengan keringat pengendara. Begitu juga jika helm basah setelah dipakai hujan-hujanan. Mengeringkannya juga cukup diangin-angin, jangan dijemur.

“Mengeringkan helm cukup pakai kipas angin saja. Dalam waktu tiga jam juga kering kalau pakai kipas angin terus menerus. Kalau di jemur efeknya membuat Expanded Polystyrene/Styrofoam (EPS) cepat getas,” ucap Ahmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com