Pilihan Skutik 125 cc di Bursa Lelang Mulai Rp 2,5 Juta

Kompas.com - 09/07/2020, 06:42 WIB
Ilustrasi lelang motor bekas GridOto.comIlustrasi lelang motor bekas

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli sepeda motor bekas melalui balai lelang menjadi alternatif bagi Anda yang merasa kemahalan untuk memiliki model baru.

Pasalnya, di balai lelang harga motor bisa jauh lebih murah dibanding melakukan pembelian di showroom resmi. Hanya saja pembeli harus teliti dan mengetahui tata caranya supaya tidak merugi.

Presiden Direktur PT Balai Lelang Serasi (Ibid) Daddy Doxa Manurung, mengatakan, sepeda motor bekas yang dijual di bursa lelang memiliki kualitas serta kelengkapan surat-surat yang terjamin. Hanya saja pada beberapa kasus keadaan unit apa adanya.

Baca juga: Jangan Ketipu Akal-akalan Montir, Ini Tips Beli Motor Bekas

All New Honda BeAT KOMPAS.com/Gilang All New Honda BeAT

“Sebetulnya di balai lelang sangat transparan, karena semua informasi bisa konsumen dapatkan. Tapi tak ada salahnya untuk tetap teliti,” ujar Doxa, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kemudian, lanjut dia, pembeli juga bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan ketika melakukan pembelian. Mau cari yang paling bagus, kurang sedikit, kurang banyak, atau yang perlu banyak perbaikan.

"Harga dasar suatu kendaraan di balai lelang sedikit banyak dipengaruhi oleh kondisi unit. Jadi kalau perlu banyak perbaikan, tentu jadi jauh lebih murah lagi," kata Doxa.

Adapun jenis dan model motor yang ditawarkan, terbilang cukup beragam. Untuk skutik 125cc, setidaknya ada tujuh produk yang bisa dipilih yaitu Honda BeAT, Honda Vario, Honda Scoopy, Yamaha Mio S, Yamaha Mio M3, Yamaha Fino, dan Yamaha X-Ride.

Baca juga: Motor Lawas yang Harganya Stabil di Masa Pandemi

Mio S.Ghulam/KompasOtomotif Mio S.

Untuk harga dasarnya pun beragam, tergantung kondisi unit dan tahun produksinya. Sebagai contoh, Mio S tahun 2011 di bursa lelang wilayah DKI Jakarta harganya mulai Rp 2,5 juta hingga Rp 3,7 jutaan.

Sementara untuk tahun mudanya, yaitu 2017, banderol dasar motor jadi Rp 5,5 juta. Harga itu tak jauh berbeda dengan Honda BeAT dan Yamaha Fino lansiran sama.

Berikut daftar skutik 125cc di balai lelang Ibid dan JBA pada Juli 2020:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X