Bagasi Ekstra Luas Bus AKAP, Sekaligus untuk Angkut Paket

Kompas.com - 06/07/2020, 18:01 WIB
Ilustrasi Bagasi Bus kabarpenumpang.comIlustrasi Bagasi Bus

JAKARTA, KOMPAS.comBagasi bus antar kota antar provinsi (AKAP) maupun pariwisata saat ini memiliki bagasi yang ekstra luas. Apalagi beberapa karoseri bus juga mendesain bagasi yang bisa menyimpan motor, bahkan mobil.

Bus di Indonesia yang memiliki bagasi luas contohnya karoseri Adi Putro yang memiliki bodi Ultra High Decker (UHD) dan Super High Decker (SHD), Laksana dengan bodi XHD dengan tinggi 3,9 meter dan Transporter, kemudian Tentrem dengan Avante H9.

“Bodi XHD sudah ada sejak 2012 untuk kebutuhan ekspor ke Fiji. Untuk Transporter sejak 2018 dan memang didesain untuk bisa memuat motor, tetapi tidak terlalu tinggi dimensi busnya, hanya 3,75 meter,” kata Werry Yulianto, Export Manager Karoseri Laksana kepada Kompas.com, Senin (6/6/2020).

Baca juga: Harga SUV Murah Bekas Juli 2020, Terios Rp 95 Juta, BR-V Paling Stabil

Bus UHDKompas.com/Fathan Radityasani Bus UHD

Dengan bus yang tinggi, kapasitas bagasi pun bisa diperbesar. Dengan bagasi yang super luas, semakin banyak barang yang bisa disimpan. Namun apakah berpotensi untuk kelebihan beban atau overload?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Semua itu sebenarnya sudah dipersiapkan oleh ATPM dan karoseri, jadi ada batasan yang diperbolehkan. Contoh untuk bus besar, dengan Gross Vehicle Weight (GVW) 16.000 kg, itu termasuk sasis, bodi, kursi, ac, penumpang dan barang,” ucap Werry.

Werry mengatakan, selama tidak melebihi GVW dari bus tersebut seharusnya tidak menjadi masalah untuk handling atau performanya. Jika melebihi GVW, sasis tidak dapat menahan beban dan bus mudah oleng.

Baca juga: Ini 10 Mobil Bekas Harga Rp 50 Jutaan, dari Picanto sampai Accord

“Bagasi luas biasanya diperlukan untuk bawa koper atau barang penumpang. Misal bus memuat 50 orang dengan asumsi masing-masing bawa satu koper kecil, berarti kita harus menyiapkan tempat sebanyak itu,” kata dia.

Selain untuk penumpang, luasnya bagasi ini kadang juga dimanfaatkan oleh perusahaan otobus (PO) untuk jasa kirim barang menuju daerah-daerah tertentu. Jadi selain barang bawaan penumpang, bagasi juga berfungsi untuk mengantar paket.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.