Terapkan Konsep Tempat Duduk Berjarak, Ini Harapan Pengusaha Bus

Kompas.com - 04/07/2020, 14:02 WIB
Bus Sumber Alam instagram/laksanabusBus Sumber Alam

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Laksana resmi meluncurkan bus social distancing. Perbedaan dengan bus biasa yaitu pada kabinnya yang menggunakan konfigurasi kursi 1-1-1 (satu bangku di kiri, tengah, dan kanan).

Salah satu perusahaan otobus (PO) yang sudah memesan bus social distancing ini yaitu Sumber Alam. Karena konfigurasi kursinya yang 1-1-1, bus hanya bisa memuat 32 penumpang. Kemudian, jarak antar-penumpangnya juga terjaga sesuai protokol.

Pemilik PO Sumber Alam, Anthony Steven Hambali, mengatakan, dengan memakai armada berkonfigurasi kursi 1-1-1 diharapkan bisa menjadi solusi agar penumpang bisa bepergian dengan nyaman dan aman.

Baca juga: Honda CBR250RR Dikasih Diskon Rp 8,2 Juta

Bus dengan tiga banjar kursiKaroseri Laksana Bus dengan tiga banjar kursi

“Harapannya bus dengan model ini bisa menjadi standar baru. Karena secara social distancing pasti terpenuhi dan operator tidak bisa nakal dengan mengisi kapasitas lebih,” kata Anthony kepada Kompas.com, Sabtu (4/7/2020).

Anthony mengatakan, dalam pembatasan penumpang yang 70 persen, penerapan di lapangannya masih rancu. Ada bus yang menjual tiket dengan tarif 70 persen, tetapi kapasitas busnya diisi penuh.

Dengan memakai konfigurasi kursi seperti ini juga diharapkan walaupun bus tetap diisi penuh, tetapi kaidah jaga jarak tetap diberlakukan. Selain itu, Anthony lebih memilih konfigurasi kursi 1-1-1 daripada memakai sekat antar-kursinya.

Baca juga: Ini Aturan Bawa Penumpang Mobil Pribadi di Kota Bogor

Konfigurasi kursi 1-1-1 memiliki jarak antar-penumpangnya. Kalau pakai sekat, khawatir bisa jadi potensi bahaya saat bus terjadi kecelakaan,” ucap Anthony.

Berbeda dari konsep di luar negeri yang memakai gorden pemisah, Anthony memilih untuk tidak memakainya. Ketika memakai gorden, nantinya malah tersenggol orang dan bisa jadi sarang virus, sehingga ditiadakan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X