Naik Bus AKAP, Pilih Duduk Depan, Tengah atau Belakang?

Kompas.com - 26/06/2020, 17:41 WIB
kabin bus malam Kompas.com/Fathan Radityasanikabin bus malam

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika berpegian jarak jauh dengan bus antar kota antar provinsi (AKAP), kadang seseorang memiliki referensi tempat duduk yang dirasa nyaman. Ada juga yang takut mabuk ketika bepegian jarak jauh lewat jalur darat.

Secara umum, duduk di kabin bus AKAP terbagi menjadi tiga bagian, duduk di depan, tengah, dan belakang. Masing-masin posisi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Anggota dari Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya akan menjabarkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari posisi duduk ketika naik bus AKAP, terutama yang single deck atau satu lantai.

Baca juga: Saat Mobil Pecah Ban Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya

posisi duduk paling depankaskus posisi duduk paling depan

Duduk di depan lebih enak untuk orang yang ingin lihat jalan. Bisa juga dengan duduk di depan, penumpang tidak merasa mabuk karena melihat jalan,” kata Dimas saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/6/2020).

Namun jika duduk di depan, ketika bus bermanuver, lebih terasa bantingannya. Jika ingin suasana yang anteng atau tenang, bisa memilih untuk duduk di bagian tengah ketika dalam perjalanan.

“Walaupun lebih anteng, duduk di tengah tidak bisa melihat jalan dengan baik,” ucap Dimas.

Baca juga: Catat, Ini Daftar Pelat Nomor Menteri dan Pejabat di Indonesia

Untuk duduk di bagian belakang, kelebihannya yaitu tidak terganggu dengan penumpang yang keluar atau masuk. Namun konsekuensinya, suara dan getaran dari mesin lebih terasa, kemudian bantingan suspensinya juga terasa mengayun.

Setelah mempertimbangkan hal di atas, penumpang bisa memilih tempat duduk yang sesuai keinginannya.

Jika tidak mau mabuk darat, bisa duduk di depan, ingin nyaman bisa di tengah dan tidak terganggu bisa duduk di belakang.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X