Efek Pandemi, Toyota Limo dan Nissan Almera Bekas Taksi Naik Daun

Kompas.com - 26/06/2020, 07:22 WIB
Toyota Limo bekas Taksi yang dijual di pool Bluebird Mampang, Jakarta Selatan Stanly-Kompas.comToyota Limo bekas Taksi yang dijual di pool Bluebird Mampang, Jakarta Selatan
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terkenal dengan sebutan "mobil capek", tapi secara penjualan ternyata mobil bekas (mobkas) taksi Bluebird hingga saat ini masih digemari. Bahkan di tengah-tengah hantaman pandemi Covid-19, pergerakan penjualannya masih terus berjalan.

Head of MobilGo Used Car Division Bluebird Group Hery Sugiarto mengatakan, meski sempat terjadi penurunan, tapi hal tersebut masih dianggap normal. Bahkan yang menarik saat ini terjadi ubahan pola pembelian dari konsumen.

"Makin ke sini, ada perubahan cara beli dari konsumen kami. Kalau dilihat dari dua bulan belakangan, konsumen itu justru belinya mayoritas tunai, tidak lagi kredit," ujar Hery kepada Kompas.com, Kamis (24/6/2020).

Baca juga: Masa Pandemi, Mobil Bekas Taksi Masih Diminati

Hery menjelasakan ada beberapa faktor yang membuat cara pembelian konsumen saat ini berubah.

Ilustrasi Nissan Almera eks taksi Blue Birdxsbluebird.com Ilustrasi Nissan Almera eks taksi Blue Bird

Kemungkinan pertama lantaran adanya pengetatan dari pihak pembiayaan, sementara yang kedua karena memang harga dari mobil sekennya jauh lebih kompetitif dibandingkan pedagang mobkas lainnya.

Sementara untuk unit-unit yang naik daun sendiri, menurut Hery memang lebih ke jenis mobil dengan harga jual relatif murah atau di bawah Rp 100 juta. Contohnya seperti Nissan Almera serta Toyota Limo.

Untuk jenis lainnya sampai ke segmen premium, seperti Mercy dan Alphard, diklaim masih ada peminatnya namun memang tidak terlalu meningkat tertutama di masa pandemi sekarang ini.

Baca juga: Toyota Alphard di Balai Lelang Mulai Rp 70 Juta, Termahal Cuma Rp 240 Jutaan

"Kecendrungannya lebih ke mobil yang harga kompetitif sekarang, karena seperti yang diketahui, konsumen juga lebih berhati-hati mengeluarkan uang, tapi di satu sisi mereka juga tetap membutuhkan kendaraan untuk beraktivitas," ucap Hery.

Toyota Alphard Bekas TaksiStanly-Kompas.com Toyota Alphard Bekas Taksi

"Seperti yang saya bilang sebelumnya, saat ini Limo itu lumayan setelah itu Almera. Kisarannya harganya memang kompetitif, sekitar Rp 60 sampai 70 jutaan. Jadi mungkin itu pula yang membuat orang berfikir untuk membeli secara tunai dibanding kredit," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X