Jangan Asal Campur Air Wiper dengan Sampo, Ini Efeknya

Kompas.com - 18/06/2020, 08:12 WIB
Ilustrasi cairan wiper youtube.comIlustrasi cairan wiper
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Cairan wiper mempunyai peran yang cukup vital untuk membersihkan kaca mobil ketika kondisinya kotor dan sudah mengurangi pandangan pengemudi.

Dengan fungsi tersebut, biasanya air yang ada pada penampung juga memiliki spesifikasi khusus yang sudah sesuai standar pabrikan.

Sehingga, cairan akan bekerja secara maksimal saat membersihkan kaca dan kotoran di kaca hilang saat disapu menggunakan wiper.

Mendapatkan air wiper ini tidaklah sulit karena banyak dijual di diler-diler resmi ataupun bengkel kendaraan yang dibuat oleh pabrikan.

Baca juga: Jangan Sembarangan Hilangkan Wiper Mobil, Akibatnya Bisa Berbahaya

Tetapi, tidak sedikit pemilik mobil yang memilih cara simpel saat mengisi cairan ketika volume pada tangki penampung cairan wiper sudah mulai berkurang.

Mereka pun mengabaikan spesifikasi saat melakukan isi ulang air wiper tersebut dengan menggunakan bahan yang mudah didapatkan dan murah.

Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat bladebosch Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade

Bahkan tidak jarang yang menggunakan sabun atau sampo yang tentunya tidak sesuai spesifikasi atau standar pabrikan.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, pada air wiper ini ada cairan khusus yang dibuat oleh agen tunggal pemegang merek (ATPM).

“Ada juga yang dijual di aftermarket, kalau mau isi ulang menggunakan air saja tidak apa-apa,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Kenali 3 Penyebab Karet Wiper Mobil Cepat Rusak

Didi menambahkan, jika pemilik mobil ingin mencampur menggunakan bahan lain, sebaiknya berhati-hati.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X