Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarangan Hilangkan Wiper Mobil, Akibatnya Bisa Berbahaya

Kompas.com - 07/04/2020, 15:12 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengubah tampilan mobil yang kerap dilakukan oleh sang pemilik, yaitu biasanya melakukan modifikasi.

Tetapi, modifikasi yang dilakukan sebaiknya juga jangan asal-asalan dan mengesampingkan faktor keselamatan dalam berkendara.

Salah satunya adalah dengan melepas salah satu wiper atau penyeka air di kaca mobil. Langkah ini dirasa cukup berbahaya meskipun wiper yang dilepas ada di sisi depan kursi penumpang.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Didi Ahadi mengatakan, meski wiper tersebut tidak berada di depan kaca pengemudi langsung bukan berarti bisa begitu saja dilepas.

Baca juga: Kenali 3 Penyebab Karet Wiper Mobil Cepat Rusak

Menurutnya, wiper merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang keselamatan berkendara. Terlebih saat mobil dikendarai dalam kondisi cuaca hujan dan jalanan yang dilalui minim penerangan.

Wiper mobil disaat hujanwww.backfromthebrink.org Wiper mobil disaat hujan

“Mencopot salah satu wiper itu sangat tidak dibenarkan, yang pasti pandangan pengemudi akan terganggu dan tidak bisa melihat jelas ke depan,” katanya kepada Kompas.com, Selasa (7/4/2020).

Didi menambahkan, wiper yang dibutuhkan seorang pengemudi tidak hanya yang ada di depannya saja. Tetapi, juga yang ada di depan kursi penumpang.

Wiper di depan kursi penumpang itu tujuannya bukan untuk penumpang, tetapi agar pandangan pengemudi di sisi kiri jalan tetap jelas,” ujarnya.

Mengingat, selama berkendara visibilitas pengemudi harus tetap terjaga baik di sisi kiri maupun kanannya.

Baca juga: Kenali 3 Tanda Karet Wiper Mobil Sudah Mulai Rusak

Sehingga, jika kondisi hujan sementara penyapu air di kaca mobil sisi kiri tidak ada jelas akan mengganggu pandangan pengemudi.

Merawat wiper kaca mobilautofresh.net Merawat wiper kaca mobil

Bukan tidak mungkin, adanya kendaraan lain di sisi kiri tidak akan terlihat jelas oleh pengendara. Dengan begitu, potensi terjadinya kecelakaan selama berkendara pun akan lebih tinggi.

“Wiper itu bukan pandangan si pengemudi, dia harus dapat melihat jelas ke segala sisi terutama bagian depan,” ucapnya.

Berbeda halnya, jika mobil tersebut memang didesain dari pabrikan menggunakan satu wiper saja.

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Ganti Karet Wiper Mobil?

Menurutnya, adanya satu wiper tersebut sudah diperhitungkan oleh pabrikan dan akan tetap maksimal menyapu air saat digunakan.

Baik guyuran air di kaca sisi kiri maupun kanan, sehingga pandangan pengemudi akan tetap leluasa meskipun hanya menggunakan satu buah wiper saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com