Manfaat Mendengarkan Musik Saat Berkendara Mobil

Kompas.com - 12/06/2020, 18:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak jarang pengemudi mobil yang memilih untuk mendengarkan musik di tengah kemacetan atau ketika sedang melakukan perjalanan jauh.

Cara tersebut dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan dan lelah saat berkendara.

Bukan hanya itu saja, ternyata mendengarkan musik di dalam mobil juga bisa meningkatkan kewaspadaan seorang pengemudi. Hal ini diungkapkan oleh Trainin Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan.

Baca juga: New Normal, Aturan Berkendara Diatur Melalui 4 Zonasi

Mercell mengatakan, jenis lagu yang disetel di dalam mobil sebaiknya memiliki nada naik turun. Sehingga, pengemudi tidak merasa bosan saat mengemudikan mobilnya.

Sistem audio All New Nissan Livina Sistem audio All New Nissan Livina

“Menyetel musik di dalam mobil tidak apa-apa, tujuannya kan untuk meningkatkan kewaspadaan pengemudi. Aman-aman saja, asalkan dalam memilih lagu beatnya naik turun dan tidak monoton,” katanya saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Bisakah Virus Menyebar Melalui Sirkulasi Udara Mobil?

Marcell menambahkan, jika musik yang dimainkan monoton dan sering berulang akan menimbulkan rasa bosan. Maka dari itu, sebaiknya musik yang dinyalakan di dalam mobil tidak monoton dan nadanya tidak sering di ulang.

“Nadanya yang naik turun, kalau monoton seperti melindas pita pengadu saja suaranya,” katanya.

Mendengarkan musik juga bisa membuat pengemudi lebih rileks, namun perlu diingat, volume tidak boleh terlalu keras. Demi kemaanan ketika berkendara, seorang pengemudi harus tetap bisa mendengar bunyi klakson dan bunyi lainnya di sekitar.

Pastikan juga untuk tetap fokus berkendara, jangan terlalu asik mendengarkan musik, sehingga bisa membuat rambu-rambu di jalan terabaikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.