Salin Artikel

Lihat Konsep Bus dengan Standar New Normal dari Brazil

BRASILIA, KOMPAS.com – Pandemi virus corona atau Covid-19 terus terjadi di beberapa negara di dunia. Namun ada wacana new normal di mana masyarakat tetap beraktivitas dengan memerhatikan protokol kesehatan.

Dengan adanya protokol new normal, karoseri Marcopolo dari Brazil, membuat konsep bus dengan nama Marcopolo Biosafe. Secara tampilan luar memang seperti bus umum, namun ada penambahan teknologi canggih pada kabin.

CEO Marcopolo, James Bellini, mengatakan, konsep ini dibuat untuk memberikan solusi transportasi umum dengan mengutamakan keamanan penumpang dengan memerhatikan pedoman kesehatan.

“Konsep bus Marcopolo Biosafe memiliki tujuan untuk mitra kami baik di Brazil atau negara lain untuk mendapatkan kepercayaan penumpang untuk kembali naik transportasi umum dengan rasa aman,” kata James melalui laman resmi Marcopolo.

Susunan kursi pada kabin diatur agar memiliki jarak yang aman setiap penumpangnya. Posisi duduk dibuat tiga baris dan tidak berdempetan. Selain itu, setiap kursi memiliki tirai agar bisa mengurangi penyebaran virus lewat droplets.

Kemudian pada pintu masuk penumpang, disediakan gel alkohol untuk membersihkan tangan. Canggihnya lagi, pada kabin bus memakai FIP, sistem yang bisa menyemprotkan disinfektan secara merata.

Sedangkan kalau di Indonesia, bisa menerapkan posisi duduk seperti yang ada pada bus suites class. Bentuk kursi rebah dari suites class membuat bus hanya diisi sedikit penumpang.

Kemudian jarak antar penumpangnya juga cukup memadai, sesuai anjuran physical distancing. Sehingga bus bisa kembali beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/06/08/072200015/lihat-konsep-bus-dengan-standar-new-normal-dari-brazil

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.