Begini Cara Aman Dongkrak Mobil di Pinggir Jalan Raya

Kompas.com - 29/05/2020, 11:22 WIB
Ilustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban. afroautos.comIlustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban.

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika sedang mengemudi, kadang kalanya sedang apes ban kempis karena paku sehingga minggir di tepi jalan raya, mengganti dengan serep. Ketika ingin mengganti ban, ternyata harus perhatikan standar operasionalnya.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre, mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin mengganti ban mobil di pinggir jalan raya.

Pertama, pinggirkan kendaraan lalu nyalakan lampu hazard.

“Kemudian bisa mematikan mesin kendaraan dan pasang rem tangan. Bisa juga dengan memasukan gigi 1 atau R untuk menambah pengereman, tapi ingat ketika kembali menyalakan mesin, pindahkan dulu ke posisi netral,” kata Marcell kepada Kompas.com, Kamis (28/5/2020).

Baca juga: Tanpa SIKM, Pemudik Bisa Masuk Jakarta Setelah 7 Juni 2020

Pasang segitiga pengaman saat berhenti di bahu jalanshutterstock Pasang segitiga pengaman saat berhenti di bahu jalan

Langkah selanjutnya yaitu dengan memasang segitiga pengaman. Posisikan segitiga pengaman minimal lima langkah di belakang kendaraan. Setelah itu bisa mempersiapkan peralatan seperti dongkrak dan kunci ban.

“Setelah itu, bisa turunkan ban serep dan bisa diletakkan di kolong mobil sebagai pengaman tambahan. Bila dongkrak patah atau amblas, mobil bisa tertahan oleh ban serep,” ucap Marcell.

Sebelum di dongkrak, bisa kendurkan terlebih dahulu baut roda ban yang kempis, lakukan secara menyilang bukan searah jarum jam. Tempatkan dongkrak pada di titik tumpu yang disarankan oleh pabrikan.

Baca juga: Beda dengan Indonesia, Ini 5 Motor Paling Laris di Malaysia

“Putar dongkrak sampai ban yang kempis terangkat dari permukaan jalan, lalu lepaskan. Pasang ban serep dan baut ban secara menyilang. Setelah terpasang, bisa turunkan dongkraknya,” kata dia.

Setelah ban sudah menyentuh aspal, kencangkan baut roda. Simpan ban yang kempis dan rapikan peralatan seperti dongkrak, kunci baut dan segitiga pengaman. Kemudian bisa melanjutkan perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.