Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Aman Dongkrak Mobil di Pinggir Jalan Raya

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika sedang mengemudi, kadang kalanya sedang apes ban kempis karena paku sehingga minggir di tepi jalan raya, mengganti dengan serep. Ketika ingin mengganti ban, ternyata harus perhatikan standar operasionalnya.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre, mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin mengganti ban mobil di pinggir jalan raya.

Pertama, pinggirkan kendaraan lalu nyalakan lampu hazard.

“Kemudian bisa mematikan mesin kendaraan dan pasang rem tangan. Bisa juga dengan memasukan gigi 1 atau R untuk menambah pengereman, tapi ingat ketika kembali menyalakan mesin, pindahkan dulu ke posisi netral,” kata Marcell kepada Kompas.com, Kamis (28/5/2020).

Langkah selanjutnya yaitu dengan memasang segitiga pengaman. Posisikan segitiga pengaman minimal lima langkah di belakang kendaraan. Setelah itu bisa mempersiapkan peralatan seperti dongkrak dan kunci ban.

“Setelah itu, bisa turunkan ban serep dan bisa diletakkan di kolong mobil sebagai pengaman tambahan. Bila dongkrak patah atau amblas, mobil bisa tertahan oleh ban serep,” ucap Marcell.

Sebelum di dongkrak, bisa kendurkan terlebih dahulu baut roda ban yang kempis, lakukan secara menyilang bukan searah jarum jam. Tempatkan dongkrak pada di titik tumpu yang disarankan oleh pabrikan.

“Putar dongkrak sampai ban yang kempis terangkat dari permukaan jalan, lalu lepaskan. Pasang ban serep dan baut ban secara menyilang. Setelah terpasang, bisa turunkan dongkraknya,” kata dia.

Setelah ban sudah menyentuh aspal, kencangkan baut roda. Simpan ban yang kempis dan rapikan peralatan seperti dongkrak, kunci baut dan segitiga pengaman. Kemudian bisa melanjutkan perjalanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/29/112200415/begini-cara-aman-dongkrak-mobil-di-pinggir-jalan-raya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke