Pemilik Mobil Baru, Wajib Tahu Letak Titik Dongkrak Mobil

Kompas.com - 29/05/2020, 10:42 WIB
dongkrak mobil Kompas.com/Fathan Radityasanidongkrak mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika terjadi ban kempis karena pecah atau bocor, bisa diganti sendiri dengan menggunakan alat bantu dongkrak. Pada umumnya, setiap mobil pasti memiliki dongkrak standar pabrikan yang ada di kabin.

Ketika ingin mengganti ban sendiri, memasang dongkrak pada mobil tidak bisa asal, karena dampaknya bagian bodi bisa rusak. Selain itu, dongkrak biasanya hanya untuk mengangkat satu roda saja.

Bagi pemilik mobil baru, wajib tahu di mana letak titik dongkrak yang benar!

Baca juga: Kenapa Bus Jarang Mematikan Mesin Ketika Isi Bahan Bakar?

Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).Febri Ardani Posisi tumpuan dongkrak pada Daihatsu Terios (ban depan kanan).

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, mengatakan, titik dongkrak biasanya ada empat, setiap sisi ada dua, di depan dan belakang.

“Titik-titik yang sudah ditentukan adalah titik yang kuat ketika menopang bodi mobil. Biasanya ada gambar keterangan pada dongkrak dan buku pedoman pemilik,” kata Didi kepada Kompas.com, Kamis (28/5/2020).

Baca juga: Tentrem Produksi Bus Tanpa Bando Alias Single Glass

Didi juga menambahkan, jika titik dongkraknya salah, bisa merusak bodi bahkan sasis mobil. Selain itu, mobil juga menjadi tidak seimbang dan berpotensi jatuh. Kalau jatuh, bisa berbahaya bagi orang yang sedang memasang ban mobil tersebut.

“Perhatikan juga dalam saat mendongkrak mobil, usahakan di tempat yang keras dan datar. Ban juga diganjal untuk bantu rem tangan agar mobil tidak bergerak,” ucap Didi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X