Rossi Galau Pilih Petronas Atau Pensiun

Kompas.com - 22/05/2020, 17:01 WIB
Livery yang paling populer yang pernah digunakan Valentino Rossi MotoGPLivery yang paling populer yang pernah digunakan Valentino Rossi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, memastikan diri bahwa tidak akan memperkuat tim Monster Energy Yamaha pada musim 2021 mendatang. Posisinya digantikan oleh Fabio Quartararo.

The Doctor akan berganti seragam mengenakan jaket tim Petronas Yamaha SRT. Namun hingga saat ini ia belum melakukan komunikasi lebih lanjut dengan tim. Rossi masih memikirkan lebih jauh tentang keputusannya berlaga di MotoGP.

"Rencana saya sangat jelas, mengubah sesuatu di tim dan menunggu hingga musim panas untuk memahami apakah saya bisa lebih kompetitif daripada tahun lalu, atau bagaimana. Bagi saya, pertimbangan itu sangat penting," kata Rossi dilansir Crash, Jumat (22/5/2020).

Baca juga: Syarat dari Dorna jika Mau Ada MotoGP Asia Musim Ini

Yamahas Italian Valentino Rossi (L) rides in front of Yamahas Spanish Jorge Lorenzo during the Motot GP race of the Catalunya Grand Prix at the Montmelo racetrack on June 14, 2009 in Montmelo, near Barcelona. Yamahas Italian Valentino Rossi won ahead of Yamahas Spanish Jorge Lorenzo and Ducatis Australian Casey Stoner.   AFP PHOTO / DIEGO TUSON / AFP PHOTO / DIEGO TUSONDIEGO TUSON Yamahas Italian Valentino Rossi (L) rides in front of Yamahas Spanish Jorge Lorenzo during the Motot GP race of the Catalunya Grand Prix at the Montmelo racetrack on June 14, 2009 in Montmelo, near Barcelona. Yamahas Italian Valentino Rossi won ahead of Yamahas Spanish Jorge Lorenzo and Ducatis Australian Casey Stoner. AFP PHOTO / DIEGO TUSON / AFP PHOTO / DIEGO TUSON

"Jadi saya ingin melanjutkan membalap, hanya jika saya merasa kuat. Sayangnya dengan situasi virus corona ini, saya harus memutuskan hal tersebut dengan tanpa balapan, jadi ini sedikit lebih sulit. Saya harus berfikir lebih banyak dan mencoba memahami lebih dalam tentang diri saya sendiri," lanjut dia.

Jika pindah ke Petronas, dengan dijanjikannya motor pabrikan yang sama seperti Monster Energy Yamaha, pebalap 42 tahun itu tak menampik punya keuntungan. Sebab, tak perlu memakan waktu lama untuk melakukan penyesuaian lagi.

"Selain itu, Petronas adalah tim tingkat atas saat mereka memilih Quartararo dan Franco (Morbidelli) sebagai pebalapnya. Ini adalah tim muda dengan pebalap berbakat. Selain itu, banyak yang sudah saya kenal dan sponsor hebat di Petronas," kata Rossi.

Baca juga: Bukan Anak Emas, Petronas Yamaha Larang Rossi Bawa Tim Mekanik

Tim mekanik kepercayaan Valentino Rossi di MotoGPMonster Energy Tim mekanik kepercayaan Valentino Rossi di MotoGP

"Saya pikir itu pilihan yang sangat bagus. Sekarang saya harus memutuskan di dalam diri sendiri, apakah saya punya motivasi yang cukup untuk melanjutkan balapan," kata dia lagi.

Pada kesempatan sama, Rossi juga menekankan tidak akan berpindah ke pabrikan lain jika masih membalap. "Saya hanya punya dua pilihan, Petronas atau pensiun," ucap Rossi.

Sebelumnya, Direktur Utama Petronas, Razlan Razali, mengatakan, tidak ingin bergabungnya Rossi ke Petronas hanya sebagai jalan untuk menjalani tur perpisahan.

"Kami tidak ingin Valentino hanya mengakhiri kariernya bersama kami. Kami tidak ingin itu hanya menjadi penutup baginya, kami ingin dia tampil baik dan tampil kompetitif dan berjuang untuk podium," ujarnya.

Rossi start dari urutan terakhir di Valencia pada MotoGP 2015MotoGP Rossi start dari urutan terakhir di Valencia pada MotoGP 2015

Pernyataan Razlan pun diamini oleh Rossi. "Saya sangat menyukai kata-katanya karena bagi saya itu persis seperti keinginan saya. Saya tidak ingin pergi ke Petronas hanya untuk membuat musim terakhir saya, atau hanya untuk mengatakan 'ciao'," kata Rossi.

"Jadi, jika saya membalap, saya akan memberi 100 persen dan saya akan membalap jika saya mengerti di dalam diri saya bahwa saya bisa bersaing dan berjuang untuk podium," tanggap dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Crash
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X