Jurus Ampuh Hilangkan Embun di Kaca Helm saat Berkendara

Kompas.com - 20/05/2020, 19:31 WIB
Manfaat pakai intercom helm untuk pemotor GridOtoManfaat pakai intercom helm untuk pemotor

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu permasalahan yang sering muncul bagi pemotor saat berkendara di tengah hujan adalah munculnya embun pada bagian kaca atau visor helm.

Pengembunan atau kondensasi terjadi karena suhu di dalam ruangan lebih besar dari ruangan. Sehingga, udara yang ada tidak dapat lagi menahan semua uap air. Uap yang berlebihan akan berubah menjadi embun.

Selain itu, munculnya embun di permukaan dalam visor helm tentu akan sangat mengganggu pengelihatan atau visibilitas saat berkendara. Kondisi ini tentu bisa berbahaya karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Baca juga: Pengguna Mobil Transmisi Manual Wajib Perhatikan Setelan Kopling

breath deflectorKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda breath deflector

Store Manager RSV, Aldi Kusuma Wijaya, mengatakan, sebaiknya pemotor menggunakan lensa bebas embun (fog free lens).

Baca juga: Tanda-tanda Komponen Mobil Transmisi Manual Mulai Rusak

“Dipasaran sudah banyak yang jual, kisaran harganya sekitar Rp 135 ribu hingga Rp 400 ribuan. Sebaiknya pakai yang asli, karena yang palsu sudah pasti kualitasnya berbeda,” kata Aldi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/05/2020).

Aldi menambahkan, “Saat ini sudah banyak juga toko helm yang menjual breath deflector yang lebih panjang sampai mengenai hidung, jadi udara hangat karena nafas tidak naik ke atas.”

Jika pemotor sudah menggunakan breath deflector, sebaiknya chin curtain pada bagian bawah dilepas, agar sirkulasi bawah hidung lancar.

Aldi juga menyarankan, ketika akan membeli helm sebaiknya pastikan ventilasi bagian dalam seperti area depan dekat hidunng, bisa berfungsi mengalirkan udara dengan baik.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X