Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jurus Ampuh Hilangkan Embun di Kaca Helm saat Berkendara

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu permasalahan yang sering muncul bagi pemotor saat berkendara di tengah hujan adalah munculnya embun pada bagian kaca atau visor helm.

Pengembunan atau kondensasi terjadi karena suhu di dalam ruangan lebih besar dari ruangan. Sehingga, udara yang ada tidak dapat lagi menahan semua uap air. Uap yang berlebihan akan berubah menjadi embun.

Selain itu, munculnya embun di permukaan dalam visor helm tentu akan sangat mengganggu pengelihatan atau visibilitas saat berkendara. Kondisi ini tentu bisa berbahaya karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Store Manager RSV, Aldi Kusuma Wijaya, mengatakan, sebaiknya pemotor menggunakan lensa bebas embun (fog free lens).

“Dipasaran sudah banyak yang jual, kisaran harganya sekitar Rp 135 ribu hingga Rp 400 ribuan. Sebaiknya pakai yang asli, karena yang palsu sudah pasti kualitasnya berbeda,” kata Aldi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/05/2020).

Aldi menambahkan, “Saat ini sudah banyak juga toko helm yang menjual breath deflector yang lebih panjang sampai mengenai hidung, jadi udara hangat karena nafas tidak naik ke atas.”

Jika pemotor sudah menggunakan breath deflector, sebaiknya chin curtain pada bagian bawah dilepas, agar sirkulasi bawah hidung lancar.

Aldi juga menyarankan, ketika akan membeli helm sebaiknya pastikan ventilasi bagian dalam seperti area depan dekat hidunng, bisa berfungsi mengalirkan udara dengan baik.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/20/193100215/jurus-ampuh-hilangkan-embun-di-kaca-helm-saat-berkendara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke