Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Nyaman Pakai Helm buat Rider Berkacamata

Kompas.com - 20/05/2020, 19:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm menjadi perangkat wajib saat berkendara sepeda motor di jalan raya. Alat pelindung kepala ini harus digunakan pada setiap pengendara, tidak terkecuali bagi orang dengan mata minus atau berkacamata.

Tidak sedikit rider berkacamata yang kesulitan saat akan memilih helm. Pasalnya, frame kacamata yang tebal, kerap membuat kepala sakit karena tertekan.

Lantas, bagaimana sebaiknya memilih helm untuk rider berkacamata?

Baca juga: Jangan Banyak Gaya Bawa Motor Hanya Satu Tangan!

Store Manager RSV, Aldi Kusuma Wijaya, mengatakan, helm untuk berkendara sebaiknya model full face untuk kemanan. Ini juga berlaku bagi mereka yang berkacamata.

Beberapa koleksi helm yang ada di RC MotogarageKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Beberapa koleksi helm yang ada di RC Motogarage

“Sebaiknya pemotor mencoba secara langsung helm yang diinginkan, lebih baik beli helm yang sudah ready for glass fit atau cari kacamata yang gagangnya fleksibel dan tidak bengkok di bagian ujung belakangnya,” kata Aldi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/05/2020).

Baca juga: Dear Ladies, Ini Alas Kaki yang Aman Digunakan saat Bawa Mobil

Aldi melanjutkan, “Perhatikan padding-nya ada celah untuk memasukkan gagang kacamata atau tidak.”

Pastikan juga area padangan dari helm tersebut cukup luas. Jangan memilih visor kecil, sebab fokus pengendara berkacamata cukup terbatas.

Selanjutnya, Aldi menyarankan, saat membeli helm sebaiknya perhatikan juga juga sirkulasi dan ventilasi helm di bagian depan.

Apakah terdapat ventilasi yang langsung untuk mengalirkan udara panas di area mulut dan hidung atau tidak, karena hal ini juga cukup berpengaruh.

“Biasanya, biker berkacamata mengalami sering mengalami masalah embun pada kacamatanya. Oleh sebab itu, sirkulasi dan ventilasi pada helm juga wajib diperhatikan,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.