Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Pandemi, Distribusi Renault Triber A/T Mundur

Kompas.com - 19/05/2020, 09:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jadwal pengiriman unit Renault Triber di Indonesia mengalami perlambatan seiring dengan berbagai kebijakan pemerintah guna menekan penyebaran virus corona alias Covid-19.

Terlebih, beberapa waktu belakangan banyak negara yang memutuskan untuk mengambil kebijakan lockdown sehingga aktivitas produksi kendaraan berhenti. Salah satu diantaranya ialah India (25/3/2020).

Meski demikian, Chief Operationg Officer (COO) PT Maxindo Renault Indonesia (MRI), Davy J Tuilan memastikan bahwa distribusi Triber bertransmisi manual sudah bisa dilakukan dalam waktu dekat. Pasalnya, mobil telah sampai di diler pada pekan lalu.

Baca juga: Harga Jual Renault Triber Naik Rp 15 Jutaan

Renault Triber di Indonesia Renault Triber di Indonesia

"Tapi memang yang varian otomatik sedikit mundur karena ada pandemi, yang mengakibatkan hampir seluruh merek menutup pabriknya termasuk partner Renault di India," katanya dalam diskusi virtual, Senin (18/5/2020).

Davy menyatakan, awalnya Triber bertransmisi otomatis direncanakan bisa masuk Indonesia pada akhir Juni 2020 mendatang. India sebagai pemasok juga dinyatakan telah siap memenuhinya. Namun dikarenakan pandemi, rencana tersebut terpaksa harus disesuaikan kembali.

Penanatang Avanza Cs dari Renault resmi meluncur. Penanatang Avanza Cs dari Renault resmi meluncur.

"Sampai sekarang kita terus komunikasi dengan pihak India bagaimana mempercepat kehadiran Triber Amt (automatic transmission) ke sini. Belum fix, tapi kemungkinan produksi akan dilaksanakan pada Agustus," ujar Davy.

Bila jadwal itu bisa dilaksanakan, maka proses pengiriman bisa dilakukan pada akhir Agustus dan pemasaran di dalam negeri pada September 2020.

Baca juga: Lama Tak Ada Kabar, Renault Tawarkan Test Drive Triber di Rumah

Harga Renault TriberKOMPAS.com/Ruly Harga Renault Triber

Adapun kondisi impor mobil secara utuh ke Indonesia dalam masa pandemi, Davy menyatakan bahwa tidak ada masalah signifikan.

"Kami apresiasi dukungan pemerintah agar semuanya lancar. Simple-nya tinggal menunggu waktu saja dari negara pengekspor. Kami usahakan supaya hal ini bisa dipercepat," kata dia.

"Terkait harga Triber, kami membuat kebijakan kalau mengikuti Euro saat ini. Pada pandemi ini, tiba-tiba euro naik 15-16 persen dari kondisi normal sehingga kami naikkan (harga jual mobil) 9 persen," lanjut Davy.

Berikut Harga Renault Triber per Mei 2020:

RXL MT Rp 166.900.000
RXT MT Rp 172.000.000
RXZ MT Rp 179.900.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com