Kompas.com - 15/05/2020, 09:03 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Motor custom produksi massal asal Jepang, Zero Engineering, sudah mendarat di Indonesia. Motor dengan karakteristik Japanese Bobber itu masuk lewat tangan importir Hobby Motor.

Buat yang asing dengan nama Zero Engineering, merek ini tidak ada sangkut pautnya dengan motor listrik Zero Motorcycles. Motor ini merupakan merek motor yang digawangi builder papan atas Jepang, Shinya Kimura.

Michael Sofyan, Direktur Hobby Motor, mengatakan, berbeda dengan motor besar lain yang hadir di Indonesia. Merek ini bisa dikategorikan ''karya seni" karena dibuat menggunakan tangan.

Baca juga: Moge Baru Mau Masuk Indonesia

Zero Engineering Foto: Istimewa Zero Engineering

"Dari motor ini kita bisa lihat bagaimana presisinya orang Jepang dalam membangun motor. Kualitas handcrafted standar Jepang yang mungkin terbaik di dunia," katanya dalam siaran resmi, Kamis (14/5/2020).

Nama Zero Engineering tidak bisa dipisahkan dari Shinya Kimura. Builder Jepang yang juga punggawa dari workshop Chabott Engineering yang merupakan cikal bakal rahim Zero Engineering.

Workshop Zero Engineering didirikan pertama kali di Okazaki, Jepang pada 1992. Bengkel ini cepat besar dan terkenal di dunia internasional dengan ciri khas motor custom Samurai Choppers.

Moge dari Merek Zero Engineeringistimewa Moge dari Merek Zero Engineering

Selang beberapa waktu, pada 2002, Shinya berusaha melebarkan sayap dan bekerjasama dengan Plot Incorporated dengan memproduksi motor custom secara massal.

Meski dibuat massal, tapi konsep Zero Engineering tetap motor custom. Salah satu ciri khasnya yaitu dibuat dengan sentuhan tangan, lengkap dengan sasis rigid dan suspensi depan tipe springer.

Saat ini Zero Engineering memasarkan beberapa model seperti Type 5, Type 6, Type 9 Evo dan Type 9 Shovel. Jantungnya memakai mesin aftermarket S&S yang sudah tidak asing lagi buat penggemar Harley-Davidson.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.