Cara Membersihkan Filter Udara Sepeda Motor Sesuai Jenisnya

Kompas.com - 13/05/2020, 10:42 WIB
Filter udara pada sepeda motor IstimewaFilter udara pada sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebersihan filter udara dapat berpengaruh pada performa sepeda motor. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan untuk menjaga filter udara tetap bersih.

Ade Rohman, Asisten Manager Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, jika filter udara kotor, maka udara yang masuk ke mesin menjadi lebih sedikit. Sehingga, menyebabkan performa mesin menjadi tidak optimal.

Baca juga: Ingat Lagi Waktu Tepat Mengganti Filter Kabin

“Perbandingan udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin menjadi tidak ideal, sehingga bahan bakar pada sepeda motor akan terasa boros,” ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Bersihkan filter udara motor sendirihourex150l.wordpress.com Bersihkan filter udara motor sendiri

Ade mengatakan, filter udara yang kotor juga dapat menyebabkan mesin cepat rusak. Sebab, pembakaran tidak sempurna bisa mempercepat kerusakan pada busi dan beberapa komponen lainnya.

Dilihat dari bahan utama atau materialnya, filter udara terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Urithane Foam (busa), Dry Paper (bahan sejenis kertas, daya saring lebih bersih dibandingkan dengan jenis Urethane Foam), dan Viscous Paper (bahan sejenis kertas yang dilapisi oli).

Untuk tipe jenis Urithane Foam dan Dry Paper, Ade menjelaskan, kedua jenis ini dapat digunakan kembali setelah dibersihkan dan jadwal perawatan berkalanya mengikuti jadwal perawatan rutin, yaitu sekitar 4.000 km.

Baca juga: Kemarau Panjang, Jangan Sepelekan Kebersihan Filter Kabin Mobil

Sementara untuk Viscous Paper, jenis ini mempunyai daya saring yang paling baik. Namun, tidak dapat dibersihkan atau digunakan kembali sehingga diwajibkan untuk melakukan penggantian secara berkala, yaitu setiap penggunaan 16.000 km, berlaku kelipatan.

"Namun, yang harus pengguna tahu serta pahami adalah bahwa setiap filter udara mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sesuai dengan bahan dasarnya. Oleh karena itu, perawatannya pun berbeda-beda sesuai dengan jenisnya masing masing," kata Ade.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan sendiri untuk merawat filter udara, di antaranya:

1. Air Cleaner Urithane Foam
Jenis ini perlu dilakukan perawatan berkala setiap 4.000 km berlaku kelipatan. Cara membersihkannya adalah dicuci menggunakan air detergen aatau cairan pembersih lalu kemudian diperas. Jangan gunakan cairan yang mudah terbakar.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X