Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan 3 Hal Ini Kalau Rem Skutik Blong

Kompas.com - 13/05/2020, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apapun bisa terjadi saat mengendarai sepeda motor salah satunya rem blong. Lantas bagaimana jika rem blong saat kita mengendarai skutik yang tidak punya engine brake.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, mengatakan rem blong adalah momok pengendara motor, karena itu sebelum jalan, pengemudi wajib memeriksa kondisi kendaraan.

Baca juga: Bisa Jadi Sarang Bakteri, Ayo Bersihkan Filter Kabin Mobil

"Sebelum mulai berkendara haruslah membiasakan selalu mengecek motor, di antaranya yaitu rem depan dan belakang, agar kendaraan yang kita gunakan lebih aman," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Honda Genio KOMPAS.com/Gilang Honda Genio

Namun kalau terjadi terjadi, dan ternyata mengalami rem blong maka ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperkecil risiko, yaitu:

1. Jangan panik, jika kita panik maka kita tidak akan bisa berfikir secara baik dan keputusan yang diambil justru bisa membahayakan diri kita sendiri.

2. Tutup gas dan berjalanlah ke arah tanjakan, cari jalan menanjak agar sepeda motor dapat melaju lebih pelan dan berhenti dengan sendirinya.

Baca juga: Hukum Girboks Skutik Pakai Oli Mesin

3. Jika situasi tidak terkendali, maka usahakan untuk membunyikan klakson dan hindari tabrakan.

Namun, jika terpaksa harus menabrak agar motor berhenti maka carilah tempat yang tidak terlalu membahayakan seperti di rumput atau pasir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com