Pemerintah Siapkan Standar Kompetensi Modifikasi Mobil dan Motor

Kompas.com - 08/05/2020, 18:18 WIB
Modifikasi Mobil Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 KOMPAS.com/RulyModifikasi Mobil Indonesia Modification Expo (IMX) 2020
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan industri modifikasi dan komponen kendaraan bermotor nasional karena memiliki potensi besar.

Salah satu dukungan yang diberikan, sebagaimana dikatakan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin Putu Juli Ardika, ialah dengan menyiapkan Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional (RSKKNI) untuk modifikasi.

"Jadi, nanti pengerjaan modifikasi itu sudah berdasarkan standar nasional dan diakui. Sertifikasi akan dilakukan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)," katanya dalam diskusi virtual, Jumat (8/5/2020).

Baca juga: Sekat Partisi Mobil, Modifikasi Fungsional Cegah Penyebaran Covid-19

Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin (kanan) bersama Agus Pambagio, pengamat kebijakan publik dalam diskusi di Jakarta, Rabu (18/7/2018).Cutenk Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin (kanan) bersama Agus Pambagio, pengamat kebijakan publik dalam diskusi di Jakarta, Rabu (18/7/2018).

Hal ini dilakukan supaya seluruh pengerjaan modifikasi memiliki kualitas yang terjamin sehingga tumbuh daya saing tinggi pada modifikator ataupun aftermarket terkait.

"Lebih jauh ini bisa meningkatkan performa ekspor," ujar Putu.

Adapun cara pengajuan RSKKNI, Putu menyebut nantinya pihak terkait bakal diberikan pendidikan atau pelatihan lebih dahulu. Pelatihan dilaksanakan untuk menentukan standar pengerjaan suatu bagian tertentu, tergantung fokusan pengaju seperti audio, kaki-kaki, hingga power train.

Nissan 350Z menjadi runner up pada Turtle Wax Shine Award 2018 di IMX 2018Kompas.com/Setyo Adi Nissan 350Z menjadi runner up pada Turtle Wax Shine Award 2018 di IMX 2018

Setelah itu, akan dikirim asesor dari BNSP guna melakukan penilaian.

"Kalau nanti dinyatakan lulus, dapat sertifikasi. Lebih jauh tentang pelatihannya bisa dikomunikasikan dahulu dengan NMAA (National Modificator & Aftermarker Association)," ucapnya.

Pada kesempatan sama, Founder NMAA Andre Mulyadi juga memastikan bahwa ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 bakal tetap digelar pada 10-11 Oktober 2020 di Jakarta Convention Center (JCC).

Baca juga: Penjualan Mobil di Kuartal-I 2020 Tersendat Pandemi, Anjlok 15 Persen

Body kit Karma Toyota 86stanly Body kit Karma Toyota 86

Mengusung tema Indonesian Pride, helatan tahunan ini akan menjadi panggung potensial bagi para produsen atau distributor aftermarket, manufaktur kendaraan, modifikator, serta workshop otomotif.

"Bahkan nanti ada sekitar 100 produk dalam negeri, yang mana banyak produk anak bangsa yang akan diekspor," kata Andre.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X