Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra UD Trucks Tawarkan Kemudahan di Tengah Covid-19

Kompas.com - 08/05/2020, 16:41 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi corona (Covid-19) membuat sebagian sektor bisnis otomotif terpuruk, termasuk menghantam industri truk di Tanah Air.

Bahkan akibat Covid-19, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan truk total mengalami penurunan sebesar 31,6 persen dari data year on year di Maret 2020.

Menanggapi kondisi ini, Astra UD Trucks memiliki beberpa strategi dalam rangka memberikan dukungan bagi para pelanggannya. Salah satunya dengan menghadirkan layanan technical assistance 24 jam.

Baca juga: Bus AKAP Siap Beroperasi Kembali di Tengah Larangan Mudik

Program tersebut terdiri dari nomor hotline nasional, nomor lokal, dan nomor khusus PIC yang dapat membantu apabila pelanggan mempunyai permasalahan teknis dan membutuhkan bantuan secara cepat.

Termasuk saat membutuhkan bantuan tanpa harus datang langsung ke cabang Astra UD Trucks.

Selain itu, Astra UD Trucks juga membuat berbagai macam layanan yang memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dalam sisi pelayanan purna jual dan penjualan. Seperti live chat di situs resmi yang memungkinkan konsumen berdiskusi atau bertanya dengan agen UD Truck selama jam kerja dari Senin hingga Jumat.

Astra UD TrucksAstra UD Trucks Astra UD Trucks

"Kami berusaha memberikan kemudahan bagi pelanggan agar dengan mudah mendapatkan informasi terkini mengenai kebutuhan pelanggan baik servis dan suku cadang, maupun pelayanan penjualan dan purna jual menggunakan kemajuan teknlogi," ujar Winarto Martono, Chief Executive Astra UD Trucks, dalam keterangan resminya, Jumat (8/5/2020).

Layanan mobile service disiapkan untuk menjangkau konsumen, terutama yang wilayahya tidak terkena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau bidang usahanya diperbolehkan beroperasi dalam kondisi terbatas.

Selain itu, ada kerja sama juga dengan Astra world sebagai kolega dalam menangani Call Center Astra UD Trucks untuk mendukung layanan purna jual maupun pembelian unit.

Baca juga: Akal-akalan Pemudik, dari Sembunyi di Truk hingga Pakai Mobil Towing

Bentuk kerja sama dilakukan dengan Astra Digital untuk pembelian unit melalui situs SEVA, sekaligus pelayanan purna jual, apabila ada pelanggan yang ingin melakukan booking service. Program Telematics juga diberikan untuk membantu pelanggan dalam mengelola armadanya secara efektif.

Selama masa pandemi, pelanggan yang melakukan perbaikan di bengkel akan diberikan penyemprotan disinfektan pada bagian penting atau yang sering bersentuhan langsung dengan pengemudi atau kenek. Tidak hanya itu, akan ada pemberian masker bagi pelanggan atau driver yang datang atau tidak mengenakan masker.

UD Trucks Kuzer untuk pasar truk ringan tanah airKompas.com/Setyo Adi UD Trucks Kuzer untuk pasar truk ringan tanah air

Astra UD Trucks mematuhi aturan pemerintah terkait PSBB, sehingga seluruh cabang yang membantu pelanggan yang bidang usahanya diperbolehkan beroperasi dalam kondisi terbatas, di mana cabang hanya memberikan pelayanan purna jual atau biasa disebut bengkel siaga yang sesuai regulasi dan perijinan SIINAS yang berlaku.

"Dengan beberapa program yang telah hadir, Astra UD Trucks berkomimen untuk terus berupaya memberi kemudahan dan dukungan pelayanan yang menyeluruh untuk menjaga bisnis para pelanggan di tengah global pandemi atau situasi tidak menentu seperti saat ini," ujar Winarto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com