Suzuki Tengah Siapkan Ertiga dengan Mesin Diesel Terbaru

Kompas.com - 05/05/2020, 03:42 WIB
Suzuki Ertiga Diesel dengan mesin baru yang tengah diuji coba tertangkap kamera di India gaadiwaadi.comSuzuki Ertiga Diesel dengan mesin baru yang tengah diuji coba tertangkap kamera di India

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki Ertiga generasi kedua yang hadir sejak 2018, mendapat beberapa pembaruan dibanding pendahulunya. Mulai dari platform Heartect yang lebih ringan, dimensi yang lebih besar, serta mesin bensin K15B yang lebih bertenaga dari pendahulunya.

Namun yang berbeda dari model sebelumnya, Ertiga terbaru belum memiliki varian bermesin diesel. Meski tidak sebanyak varian bensinnya, model ini punya penggemarnya tersendiri.

Sebagai salah satu basis produksi Ertiga di dunia, Maruti Suzuki pun belum meluncurkan varian ini. Usut punya usut, sepertinya Suzuki di India tengah menyiapkan mesin diesel yang dimaksud, setelah aturan standar emisi BS6 diterapkan.

Baca juga: Tanda-tanda Bensin di Dalam Tangki Sudah Basi

Suzuki Ertiga Diesel dengan mesin baru yang tengah diuji coba tertangkap kamera di Indiagaadiwaadi.com Suzuki Ertiga Diesel dengan mesin baru yang tengah diuji coba tertangkap kamera di India

Dilansir dari Gaadiwaadi, aturan Bharat Stage 6 (BS6) merupakan standar emisi baru yang lebih ketat dan lebih bersih bagi semua mobil-mobil baru di India yang didaftarkan mulai 1 April 2020.

Mesin Ertiga diesel model sebelumnya, yakni unit D13A 1.300 cc yang bertenaga 88 dk dan torsi 200 Nm tidak akan dipakai lagi. Selain tidak memenuhi standar emisi baru, mesin tersebut basisnya dikembangkan oleh pabrikan asal Italia, Fiat.

Santer terdengar kabar bahwa Suzuki akan membangun mesin sendiri, yang disesuaikan dengan standar emisi BS6. Diperkirakan mesin ini paling cepat hadir pada akhir tahun 2020.

Baca juga: Pertamina Kasih Cashback, Harga BBM di Malaysia Rp 4.300 per Liter

Suzuki Ertiga Diesel dengan mesin baru yang tengah diuji coba tertangkap kamera di Indiagaadiwaadi.com Suzuki Ertiga Diesel dengan mesin baru yang tengah diuji coba tertangkap kamera di India

Banyak yang menyebut bahwa mesin diesel tersebut akan bertambah kapasitasnya menjadi 1.500 cc, serta dilengkapi teknologi smart hybrid DDiS 225.

Meski begitu, masih ada opsi lain mesin diesel untuk Ertiga. Laman Gaadiwaadi juga menyebut pihaknya sempat mendapat foto spyshot Suzuki S-Cross dengan emblem 1.6.

Kabar ini jelas memunculkan spekulasi munculnya kembali mesin diesel 1.600 cc DDiS 320 yang sempat hadir di model-model Suzuki sebelumnya, namun dengan standar emisi yang baru.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X