Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah Sabuk Keselamatan, Toyota Indonesia Recall Ratusan Alphard

Kompas.com - 06/05/2020, 08:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan penarikan kembali atau recall terhadap 305 unit Alphard dan Vellfire karena masalah seatbelt atau sabuk keselamatan, juga disebut sabuk pengaman.

Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy menjelaskan, recall dilakukan usai ditemukannya kendala pada mekanisme penguncian sabuk pengaman yang kurang sempurna.

"Jumlahnya tidak banyak, 305 unit kira-kira, dan khusus untuk yang diproduksi Agustus-September 2019 saja. Pemilik yang belum dihubungi diler, langsung komunikasikan atau menghubungi hotline kami," kata Anton dalam kesempatan bincang-bincang dengan wartawan di kanal Instagram Live, Selasa (5/5/2020).

Baca juga: Toyota Sulap HiAce Jadi Kendaraan Medis Penderita Covid-19

Toyota Vellfire 2018. Dok. TOYOTA ASTRA MOTOR Toyota Vellfire 2018.

Bila konsumen sudah mendapatkan undangan untuk datang ke diler Toyota, segera lakukan booking servis agar diler terkait menyiapkan komponen maupun teknisinya.

Pasalnya, pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tidak semua diler beroperasi dan melayani perbaikan unit. Jadi, pemilik bakal diarahkan ke bengkel terdekat yang masih buka atau dilakukan pick-up service.

Adapun pergantian komponen sabuk pengaman tidak akan dipungut biaya. Perbaikannya sendiri memakan waktu 30 menit hingga 3 jam.

“Ini (recall seatbelt) merupakan bagian dari kampanye keselamatan global karena sabuk pengaman merupakan salah satu hal yang sangat penting, sehingga kami harus pastikan bahwa item ini dapat berfungsi secara baik," kata Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com