Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Isi Bensin, Sebaiknya Keluar atau Tetap di Dalam Mobil?

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini terjadi aksi pencurian yang terjadi di SPBU Cinere, Depok, Jawa Barat. Terlihat dari kamera CCTV, di saat pemilik sedang menghampiri operator BBM, pencuri berhasil mengambil barang lantaran pintu mobil tidak dikunci.

Berkaca dari situasi ini, bagaimana sebaiknya saat mobil sedang isi bensin. Apakah kita harus keluar atau tetap berada di dalam mobil?

Dari kaca mata keselamatan berkendara, keluar mobil saat melakukan pengisian BBM ternyata dinilai lebih aman, ketimbang tetap berada di dalam.

“Saat mengisi BBM lebih baik memang berada di luar kendaraan, karena bisa ada listrik statis yang bisa menyebabkan kebakaran,” ucap Marcell Kurniawan, Training Director The Read Driving Center (RDC), kepada Kompas.com (30/4/2020).

Marcell mengatakan, listrik statis timbul karena gesekan antar dua benda. Salah satu potensi kebakaran muncul dari gesekan nosel BBM dengan saluran tangki bahan bakar.

Meski kemungkinannya kecil, gesekan tersebut dapat menimbulkan listrik statis dan memicu munculnya api.

Namun jika khawatir meninggalkan barang di dalam mobil, Anda tetap diperbolehkan tetap di dalam. Asalkan mesin dalam kondisi mati, dan tetap pastikan pintu dalam keadaan terkunci.

“Pom bensin sekarang punya skema pelayanan berbeda-beda. Dari dalam saja tentu boleh, tetap perhatikan kondisi di sekitar, kuncinya jangan lengah,” ujar Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), dalam kesempatan yang sama.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/01/070200715/isi-bensin-sebaiknya-keluar-atau-tetap-di-dalam-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke