Pentingkah Menggunakan Asuransi Mobil di Saat PSBB?

Kompas.com - 24/04/2020, 17:22 WIB
Ilustrasi maling mobil cars.usnews.comIlustrasi maling mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Antisipasi maling mobil di tengah pandemi Covid-19 bisa dengan berbagai cara. Mulai dengan memasang alarm tambahan, kunci kontak ganda, bahkan mungkin GPS Tracker.

Tapi selain itu beragam cara tersebut, penting juga mempertimbangkan menggunakan asuransi kendaraan. 

Iwan Pranoto, Senior Vice President Communication, Event & Service Management Asuransi Astra, mengatakan, di situasi seperti ini pihaknya mengedukasi pemilik mobil untuk lebih berhati-hati.

Baca juga: Apa Bisa Ajukan Klaim Asuransi Saat PSBB?

"Tingkat kejahatan, dikatakan meningkat kita harus waspada, jadi tetap harus memakai asuransi. Kalau kita mengantisipasi hal tersebut, berapa banyak kalau terjadi hal seperti itu, bagi kita yang penting mengedukasi kustomer untuk berhati-hati," katanya dalam telekonferensi, Kamis (23/4/2020).

Pencuri tak hanya mengincar mobil, bisa jadi barang yang ada di dalam mobil Anda.Telegraph Pencuri tak hanya mengincar mobil, bisa jadi barang yang ada di dalam mobil Anda.

Iwan mengatakan, karena mobilitas berkurang, maka tingkat risikonya berkurang, tapi bukan berarti tidak ada. Tidak keluar rumah bukan berarti kendaraan aman 100 persen, karena masih bisa dibawa maling.

"Pemegang polis para pelanggan berhati-hati, kami bilang meski kamu tidak keluar tapi di rumah siapa tahu ada situasi tersebut. Jadi tetap harus tetap di-cover asuransi," katanya.

Adapun untuk pengajuan klaim, Iwan mengatakan, pada dasarnya tetap bisa dilakukan karena perusahaan tetap buka selama masa PSBB.

Baca juga: Imbas Corona dan Larangan Mudik, Bagaimana Klaim Asuransi Mobil?

"Asuransi termasuk dalam salah satu industri yang dikecualikan selama masa PSBB. Artinya layanan kami masih buka, kantor cabang dan beberapa cabang kita tetap melayani, kalau mau klaim masih memungkinkan," katanya.

Kendalanya, meski layanannya buka tapi bengkel banyak yang tutup karena aturan PSBB. Artinya klaim bisa masuk tapi mobil baru bisa dikerjakan setelah masa PSBB berakhir.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X