Selis E-Max, Electric Chopper dari Pulau Dewata

Kompas.com - 22/04/2020, 18:01 WIB
Motor listrik Selis E-Max bergaya chopper garapan GTX Motorsport Dok. IIMSMotor listrik Selis E-Max bergaya chopper garapan GTX Motorsport

JAKARTA, KOMPAS.com - Membangun motor custom tidak harus menggunakan basis motor bermesin konvensional. Putra Darmagita, builder dari GTX Motorsport di bilangan Gianyar, Bali, berhasil membangun motor listrik bergaya chopper.

Motor listrik ini merupakan motor kontes modifikasi, yakni Indonesia Custom E-Moto Expo and Championship (ICEC), yang merupakan bagian dari ajang pameran Indonesia International Motor Show ( IIMS) 2020.

Baca juga: KTM Duke 200 Ini Pakai Tambahan Turbocharger

Putra mengatakan, setelah mengetahui hasil pengundian bahwa dirinya akan menggarap Selis E-Max dan juga waktu pengerjaan, sebenarnya ada beberapa alternatif selain chopper.

Motor listrik Selis E-Max bergaya chopper garapan GTX MotorsportDok. IIMS Motor listrik Selis E-Max bergaya chopper garapan GTX Motorsport

"Tapi, kami memilih chopper karena motor jenis ini merupakan cikal bakalnya perkembangan custom culture di dunia," ujar Putra, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Putra menambahkan, pemilihan gaya chopper juga sebagai transisi custom culture yang sudah lama berkembang dengan custom motor listrik yang masih belum populer.

Agar tidak terlalu terkesan motor konsep yang sulit diterima masyarakat yang sudah terbiasa dengan motor custom konvensional.

Motor listrik Selis E-Max bergaya chopper garapan GTX MotorsportDok. IIMS Motor listrik Selis E-Max bergaya chopper garapan GTX Motorsport

"Sehingga diharapkan teman-teman pecinta motor custom terbuka wawasannya, bahwa ternyata motor listrik bisa di-custom sesuai juga dengan misi dan visi event ICEC. Sebab, dalam rangkaian acara tersebut, motor listrik chopper ini juga akan dilelang. Jadi, kami juga memiliki target jual agar tepat sasaran sesuai biaya dikeluarkan, sehingga tidak membuat motor menjadi overprice dan sulit terjual," kata Putra.

Motor listrik Selis E-Max bergaya chopper garapan GTX MotorsportDok. IIMS Motor listrik Selis E-Max bergaya chopper garapan GTX Motorsport

Dalam satu bulan proses pembuatannya, Putra mengatakan tidak menemui kendala yang berarti, karena sudah terbiasa membangun motor chopper. Namun, karena dimensinya yang bisa dibilang tidak besar, perlu dilakukan sedikit penyesuaian.

"Sebab, ukuran ring pelek 10 inci bawaan motor dan kecepatan maksimalnya tidak terlalu kencang. Jadi, kami putuskan dimensinya diperkecil dari biasanya. Lalu, karena lebih kecil, pemilihan part dan tingkat kerumitannya lebih tinggi untuk menjaga bentuk chopper tetap proporsional," ujar Putra.

Baca juga: Ngeri, Motor Tua Bangka Binter Merzy Pakai Mesin Supercharger

Bagian yang terpakai dari Selis E-Max, lanjut Putra, hanya BLDC Hub, baterai, speedometer, dan sistem kelistrikan yang dirombak sesuai kebutuhan chopper ini.

Data spesifikasi motor listrik Selis E-Max Chopper oleh GTX Motorsport:
Pelek depan dan belakang: DID r1.40-18
Ban depan: Swallow 2.50-18
Ban belakang: Swallow U.Light Truck 5.00-10
Frame: Custom (pipa seamless)
Springer: Custom
Cover Baterai: Custom, menyerupai bentuk V-engine
Sissy Bar: Custom
Setang: Custom
Foot step: Custom
Lampu depan dan belakang: Aftermarket
Jok: Custom, model king and queen



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X