Mumpung di Rumah Aja, Kenali Ciri Baterai Keyless pada Mobil Mulai Soak

Kompas.com - 21/04/2020, 12:11 WIB
Ilustrasi sistem Keyless. istIlustrasi sistem Keyless.
Penulis Stanly Ravel
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebanyakan mobil baru saat ini sudah dilengkapi dengan fitur keyamanan tanpa anak kunci, alias keyless entry. Dengan demikian, membuka pintu sampai menyalakan mesin tak lagi direpotkan dengan kunci, cukup tekan tombol engine start stop saja.

Tetapi yang kadang tak disadari adalah kerja remote keyless bergantung pada baterai. Artinya, bila baterai yang digunakan sebagai sumber tenaga sudah habis, otomatis remote tak lagi bekerja normal, sehingga membuat pemilik mobil kerepotan saat akan mengakses kendaraannya.

Nah, agar terhindar dari kondisi tersebut, Technical Support Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan, pemilik mobil perlu peka untuk mengetahui ciri baterai remote keyless yang mulai lemah.

Baca juga: Begini Aturan Bawa Penumpang Mobil dan Motor Saat PSBB di Jabodetabek

Apalagi saat ini mumpung sedang banyak ada waktu di rumah lantaran harus work from home (WFH) imbas pandemi corona (Covid-19). Karena itu, tidak salah bila sedikit memberikan perhatian bagi mobil.

Cara ganti baterai remote mobil dan tipe baterainya.bhinneka.com Cara ganti baterai remote mobil dan tipe baterainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Baterai itu biasanya tidak akan langsung habis, tapi melemah dulu. Pada kondisi ini pemilik mobil harusnya sudah mulai curiga, tandanya paling mudah adalah bila menemui remote yang sudah tidak responsif saat digunakan," kata Didi belum lama ini.

Menurut Didi, sulitnya menggunakan remote untuk berinteraksi dengan mobil, seperti membuka atau mengunci pintu, jadi ciri utama bila baterai mulai kehilangan daya atau soak.

Baca juga: Video Moge Kabur dari Razia Polisi, Klub Motor Sarankan Jangan Sunmori Dulu

Akibat baterai yang sudah lemah, otomatis mempengaruhi kerja remote yang merupakan transmitter guna mengirimkan sinyal ke modul yang ada di mobil.

Sementara bila daya baterai sudah benar-benar habis, maka dampaknya remote sudah benar-benar tak merespons saat digunakan.

Kunci mobil keyless Kunci mobil keyless

Dalam kondisi ini pemilik mobil harus membuka dan mengunci mobil secara manual. Apalagi bila sempat menggantinya dengan baterai baru.

"Sebenarnya tidak ada patokan baku kapan baterai remote harus diganti, karena tidak ada hitungan pasti kapan daya baterai habis. Biasanya memang lebih dari satu atau dua tahun, tapi baiknya bila sudah mengalami gejala tadi jangan ditunda untuk segera mengganti," ucap Didi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.