Kenali 3 Tanda Karet Wiper Mobil Sudah Mulai Rusak

Kompas.com - 06/04/2020, 13:22 WIB
Karet Wiper toyotadisamarinda.comKaret Wiper
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerusakan pada wiper biasanya tidak terjadi secara tiba-tiba. Karet yang bertugas menyeka air pada kaca mobil ini akan memberikan tanda jika kondisinya sudah tidak baik lagi.

Selain usia pemakaian yang sudah terlalu lama, kerusakan bisa juga disebabkan karena cara pemakaian tidak sesuai dengan seharusnya.

Seperti mengoperasikan saat karet wiper dalam kondisi kering. Sehingga, bisa saja merusak karetnya dan bahkan bisa membuat baret pada kaca.

Baca juga: Jangan Nyalakan Wiper Saat Karetnya Kering, Ini Alasannya

Berikut tanda-tanda karet wiper sudah rusak.

Suara berisik

Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat bladebosch Bosch Wiper Clear Advantage dengan teknologi flat blade

Karet wiper yang kondisinya masih bagus tidak akan mengeluarkan suara saat dinyalakan. Hal ini karena karetnya masih lentur sehingga bisa bekerja dengan optimal saat digunakan.

“Salah satu tanda wiper sudah rusak kalau saat digunakan terdengar suara berisik hal ini karena karetnya sudah keras,” kata Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor ( TAM), Didi Ahadi kepada Kompas.com, Senin (6/4/2020).

Tidak sempurna menyeka air

Wiper mempunyai tugas yang sangat penting dalam memberikan visibilitas kepada pengemudi saat berkendara dalam kondisi hujan.

Penyeka kaca yang kondisinya masih bagus akan bekerja dengan sempurna dalam membersihkan air pada kaca, baik bagian depan maupun belakang.

Baca juga: Sebelum Ganti, Kenali Kelebihan dan Kekurangan Wiper Mobil

Tetapi, jika saat digunakan wiper sudah tidak bisa menyeka air dengan sempurna hal itu menjadi salah satu tanda karet sudah waktunya diganti.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X