Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Letak Nomor Rangka Mobil Ternyata Berbeda-beda, Ini Alasannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencari letak nomor rangka mobil bisa dikatakan gampang-gampang susah. Jika mobil milik sendiri tentunya sudah hafal di mana posisi nomor rangka berada.

Tetapi, menjadi persoalan lain jika mobil tersebut bukan milik pribadi, tentunya tidak cukup mudah menemukannya.

Hal ini karena ada pabrikan roda empat yang menempelkannya di tempat yang mudah dilihat, tetapi ada pula yang agak tersembunyi.

Padahal, keberadaan nomor yang terdiri dari 17 angka dan huruf itu sangat penting, terlebih saat proses transaksi jual beli mobil.

Maka mau tidak mau harus mengetahui letak nomor rangka untuk mencocokkan dengan yang ada pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) atau pun di Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Setiap huruf maupun angka yang ada di rangka harus cocok atau sesuai dengan yang ada di dalam STNK maupun BPKB. Jika tidak, ada indikasi bahwa kendaraan tersebut tak resmi atau pernah dilakukan penggantian.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, setiap pabrikan mempunyai penempatan nomor rangka atau Vehicle Identification Number (VIN) yang berbeda-beda.

“Kebanyakan untuk model monocoque (monokok) itu ada di bawah jok kursi depan, sedangkan untuk mobil yang menggunakan sasis di bagian sasisnya,” kata Didi kepada Kompas.com, Minggu (29/3/2020).

Didi menambahkan, dalam kode pada nomor rangka tersebut terdapat sejumlah informasi yang bisa diketahui. Misalkan, mengenai tempat perakitan mobil, tipe atau model mobil, dan berbagai informasi lainnya.

“Misalkan kode di depan itu MHF itu pasti produksi dari Indonesia. Kalau yang produksi dari luar negeri kode di depannya juga akan berbeda dan pasti bukan MHF,” ucap Didi.

Penempatan nomor rangka ini, kata Didi, kadang juga dipengaruhi oleh model mobil tersebut. Sehingga, antara mobil satu dengan yang lain tidak akan sama.

“Kalau mobil yang masih menggunakan sasis biasanya nomor rangka itu berada di sasisnya, tetapi kalau yang tidak menggunakan sasis seperti sedan itu ada di jok depan, atau di bagian lain,” ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/30/065000215/letak-nomor-rangka-mobil-ternyata-berbeda-beda-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke