Cara Aman Mencuci Motor Listrik di Rumah Saat WFH

Kompas.com - 28/03/2020, 09:22 WIB
Motor listrik BF Goodrich BF-CG Kompas.com/DonnyMotor listrik BF Goodrich BF-CG

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa orang sudah ada yang memiliki sepeda motor listrik. Namun, tak sedikit di antaranya yang masih khawatir saat akan melakukan perawatan dasar, salah satunya mencuci kendaraan.

Sebab, motor listrik memerlukan perawatan yang berbeda dibandingkan dengan motor biasa. 

Baca juga: Manfaatkan WFH Sambil Bersihkan Mesin Motor Pakai Perlengkapan Rumahan

Mencuci motor listrik bisa dilakukan sendiri saat kondisi work from home ( WFH) seperti sekarang ini. Asalkan, tahu batas aman.

Komparasi motor listrik, Viar Q1, ECGO-2 dan Elvindo Rama KOMPAS.com/Gilang Komparasi motor listrik, Viar Q1, ECGO-2 dan Elvindo Rama

“Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mencuci motor biasa. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,” ujar Reza Rezdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Reza menambahkan, bagian jok juga jangan sampai ada yang terbuka. Selain itu, tempat kabel pengecasan juga harus tertutup rapat.

“Jok harus tertutup rapat dan tempat kabel charging juga harus tertutup rapat. Selebihnya sih sama seperti motor biasa,” kata Reza.

Baca juga: WFH Bisa Sambil Bersihkan Rantai Motor Supaya Bebas Kaku

Menurut Reza, konsumen yang ingin mencucinya di tukang cuci steam juga tidak perlu khawatir. Asalkan, tidak ada bagian kelistrikan yang terbuka.

Hal senada diucapkan oleh teknisi Viar, Abdul, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu. Menurut dia, ada beberapa bagian yang memang tidak boleh disemprot air dengan tekanan tinggi.

"Misal, mencuci dengan steam perlu diperhatikan untuk daerah controller. Tidak boleh dengan tekanan tinggi," ujar Abdul.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X