Suku Cadang Yamaha RX 125 Twin Mahal, Tapi Bisa Diakali

Kompas.com - 14/03/2020, 08:22 WIB
Yamaha RX 125 Twin Kompas.com/DonnyYamaha RX 125 Twin

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor klasik pada umumnya susah dicari suku cadangnya, baik mesin, bodi, atau kaki-kaki. Tak terkecuali dengan Yamaha RX 125 Twin yang pernah dipasarkan di Indonesia pada 1975 hingga 1979.

Mulyanto, pecinta motor klasik pemilik akun Instagram @motor_tua_jakarta, mengatakan, memang ada beberapa suku cadang RX 125 Twin yang cukup sulit dicari, khususnya aksesori.

Baca juga: Motor Langka Yamaha RX 125 Twin, Tembus Rp 65 Juta

"Beberapa komponen kecil, seperti saklar engine stop, sepatbor depan dan belakang, serta bagian joknya," ujar Mulyanto, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Yamaha RX 125 TwinKompas.com/Donny Yamaha RX 125 Twin

Untuk jok, harganya cukup tinggi. Satu set jok orisinil harganya bisa tembus Rp 2 jutaan. Bahkan, yang replikanya saja bisa sekitar Rp 1,5 jutaan.

Yamaha RX 125 TwinKompas.com/Donny Yamaha RX 125 Twin

Meski sulit dicari, namun suku cadang ini masih bisa subtitusi alias diakali dengan kepunyaan model lain. 

Mulyanto menambahkan, beberapa suku cadang lainnya, ada yang sama seperti RX 100, antara lain kaliper rem depan dan master rem depan. Selain itu, lampu sein depan dan belakang juga bisa pakai lampu sein milik Yamaha V80.

Baca juga: Harga Pasaran Yamaha RX 125 Twin Sekarang, Mulai Rp 10 Jutaan

"Sekarang sudah banyak juga kok yang menjual suku cadang motor lawas di situs jual beli online. Pedagang lokal banyak yang jualan, tak perlu sampai beli dari luar negeri," kata Mulyanto.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X