Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak Keuntungan, Hino Dukung Penerapan Program B30

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menyebut penggunaan bahan bakar berjenis B30 memiliki beragam keuntungan. Salah satunya, bisa membuat industri lebih kompetitif dan ramah lingkungan.

Oleh sebab itu, salah satu produsen kendaraan niaga asal Jepang tersebut akan mendukung perjalanan program B30 di Tanah Air, sebagaimana dikatakan Seno Wirdiyawantoro, Division Head Product Planning PT HMSI.

"Dari sisi konsumen, penggunaan B30 lebih kompetitif karena masih dikenakan subsidi. Sehingga, operasional bisnis bisa semakin efisien dan optimal," katanya di Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Sementara pada sisi pemerintah, lanjut Seno, penggunaan bahan bakar solar campuran itu mampu mengurangi tingkat emisi yang dihasilkan kendaraan bermotor dan ketergantungannya terhadap bahan bakar fosil.

"B30 itu sendiri akan memperbaiki emisi gas buang kepada kendaraan komersial, sehingga lingkungan bisa lebih baik. Memang, akan ada sedikit penyesuaian di awal," ujarnya.

"Berdasarkan beragam keuntungan itu, kami terus mendukung inisiasi implementasi B30 di Indonesia. Produk Hino juga sudah siap untuk menunjangnya, tidak masalah," kata Seno lagi.

Namun terkait implementasi B100 seperti yang diharapkan Presiden RI Joko Widodo, ia menyebut harus ada studi untuk mempertimbangkan berbagai hal lebih dahulu agar pelaku industri siap.

"Sejatinya itu membutuhkan segala sesuatu seperti kesiapan dari pelaku industri, infrastruktur, kualitas bahan bakar, dan lain sebagainya. Bagi Hino sendiri, kami siap," ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/09/184100615/banyak-keuntungan-hino-dukung-penerapan-program-b30

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke