Antisipasi Virus Corona, Suhu Tubuh Pengunjung Panas Dilarang Masuk Pameran GIICOMVEC

Kompas.com - 05/03/2020, 11:51 WIB
Pemeriksaan suhu tubuh Kompas.com/Fathan RadityasaniPemeriksaan suhu tubuh

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020 diadakan selama empat hari, yaitu 5 sampai 8 Maret 2020. Pameran kendaraan komersial ini berlokasi di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat.

Pameran yang tetap berlangsung meski pemerintah sedang konsen menangani virus Corona ini akhirnya diselaraskan dengan kondisi yang ada.

Peserta hingga pengunjung pameran yang akan masuk area akan dilakikan pemeriksaan kesehatan oleh panitia acara. Petugas bakal memeriksa suhu badan dengan menggunakan termometer infrared yang diarahkan ke kepala.

Setelah dinyatakan aman, pengunjung diberi stiker berwarna oranye sebagai penanda sudah diperiksa. Jika suhu tubuh di atas 38 derajat celsius, maka diarahkan ke medical room untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: GIICOMVEC Abaikan Instruksi Pemprov DKI Jakarta, Terkait Corona

Ruang medis GIICOMVECKompas.com/Fathan Radityasani Ruang medis GIICOMVEC

"Semua pengunjung harus melewati pengecekan suhu tubuh. Agar mengetahui mana yang sakit dan yang tidak. Jika ada indikasi demam, langsung diperiksa oleh tenaga medis," kata salah satu petugas yang menjaga pintu masuk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tila, salah satu tenaga medis di pameran GIICOMVEC, mengatakan, pengecekan yang dilakukan di ruang medis, yaitu pengunjung diperiksa menggunakan tiga jenis termometer untuk memastikan suhu tubuh.

Jika tetap di atas 38 derajat celsius, pengunjung akan dilarikan ke salah satu dari tiga rumah sakit yang bisa menangani gejala corona.

Baca juga: Pecah Rekor, Yamaha RX-King Terjual Rp 150 juta!

"Rumah sakit yang dituju yaitu RSPAD Gatot Subroto, RS Persahabatan, dan RSPI. Kita hubungi dulu rumah sakitnya untuk menyiapkan ruang isolasi. Jika sudah siap, pengunjung diantarkan dengan ambulans yang disediakan JCC ke rumah sakit tersebut," ucap Tila kepada Kompas.com saat ditemui di GIICOMVEC, Kamis (5/3/2020).

Bagi pengunjung yang memiliki gejala batuk atau flu tetapi suhu tubuh masih di bawah 38 derajat celsius, masih boleh memasuki area pameran dan diberikan masker oleh tenaga medis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.