Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Ninja atau CBR, Ini Motor Favorit Wanita buat Boncengan

Kompas.com - 01/03/2020, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kenyamanaan saat berkendara, tidak hanya diperuntukan bagi pengemudi tetapi juga penumpang di belakangnya.

Terutama bagi para wanita, mengingat kebutuhan dan cara berpakaian yang jauh berbeda dari pria, maka kenyamanan saat dibonceng merupakaan hal yang paling utama.

Tim Kompas telah melakukan survei terhadap beberapa wanita yang sering menggunakan ojek online. Hasilnya, 85 persen dari mereka menjawab motor matik merupakan kendaraan yang paling nyaman untuk berboncengan.

Baca juga: Cari Mobil Diesel Bekas, Masih Ada yang Lebih Murah dari Panther

“Sebenarnya kalau naik ojek online enggak pilih-pilih, cuma lebih nyaman motor matik seperti Vario atau Beat," ujar Sonya Kinanti, Pegawai Swasta yang juga merupakan pengguna setia ojek online.

Sonya melanjutkan, wanita kebutuhannya banyak, dengan kata lain kalau mau pergi kerja atau kemana-mana suka bawa barang.

"Kalau motor matik kan bisa titip untuk ditaruh di depan,” ujar Sonya lagi.

Tidak hanya Sonya, Cindy Veronica seorang mahasiswi salah satu universitas di Jakarta juga mengungkapkan hal yang sama.

Berwisata naik motor di Yogyakarta.Astra Motor Yogyakarta Berwisata naik motor di Yogyakarta.

Baca juga: Harga Suku Cadang Yamaha RX-King Tembus Jutaan Rupiah

“Pasti lebih nyaman motor matik, seperti Nmax atau PCX. Karena joknya lebih lebar, jadi nyaman ketika kita duduk. Selain itu mesin matik juga lebih halus tidak ada getaran seperti motor kopling,” ujar Cindy saat ditanya oleh tim Kompas.com.

Beberapa alasan wanita tidak menyukai dibonceng dengan motor sport seperti Kawasaki Ninja atau Honda CBR. Alasannya, jok motor sport terlalu tinggi atau nungging.

Itu membuat posisi duduk penumpang jadi tidak nyaman, hingga jarak penumpang dengan pengemudi jadi terlalu dekat.

“Kalau kita naik ojek online kan orang yang tidak dikenal, sedangkan motor kopling atau sport itu joknya terlalu tinggi, pas ada turunan atau polisi tidur pasti akan merosot, mau tidak mau harus menahan. Selain pegal, tidak nyaman juga sih,” ujar Cellina, seorang Mahasiswi di Jakarta.

Walaupun secara tampilan motor sport lebih menarik dibanding motor matik, namun kenyamaan tetap nomer satu bagi para wanita ketika di bonceng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com