Cara Merawat Sepeda Motor Agar Selalu Prima

Kompas.com - 29/02/2020, 18:40 WIB
AHM memberikan kesempatan para siswa di SMK binaan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS. Dok. AHMAHM memberikan kesempatan para siswa di SMK binaan untuk melakukan magang atau praktik kerja industri di jaringan AHASS.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna sepeda motor wajib melakukan perawatan berkala. Apalagi musim hujan seperti sekarang ini, kendaraan roda dua wajib mendapatkan perhatian agar kondisinya tetap prima.

Paling tidak sering melakukan pengecekan atau servis berkala ke bengekel. Misal mengecek kondisi oli mesin atau pelumas setiap pagi sebelum mulai aktivitas.

Peran oli mesin sangatlah penting untuk menjaga komponen di dalam mesin agar tidak mengalami gesekan berlebih sehingga usia dari komponen didalamnya lebih awet.

Baca juga: Biaya Restorasi Yamaha RX-King Bisa Tembus Rp 50 Jutaan

 

"Untuk itu lakukanlah penggantian oli mesin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," ujar Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Training DAM dalam siaran resmi belum lama ini.

Selain itu, menurut Ade motor saat ini sudah mangadopsi sistem injeksi. Oleh sebab itu, fungsi baterai sangatlah penting untuk mengontrol berbagai komponen kelistrikan mulai dari control bahan bakar, pengapian dan lainnya.

Ilustrasi perbaikan motor di bengkel.dok.AHM Ilustrasi perbaikan motor di bengkel.

"Disarankan untuk tidak menggunakan variasi/aksesoris yang berlebih yang dapat menganggu fungsi kerja utama dari baterai itu sendiri," kata Ade.

Selanjutnya, Ade menyarankan selalu mengganti komponen motor sesuai jadwal servis yang ada seperti saringan udara, busi, oli, komponen pemindah tenaga seperti rantai roda atau drive belt pada motor skutik dan komponen lainnya.

"Dengan kita menjaga komponen motor tetap dalam kondisi optimal, maka kondisi kendaraan dapat dipastikan dalam kondisi prima," ujar Ade.

Perawatan Mesin

Produk Perawatan Mesin Motorist Produk Perawatan Mesin Motor

Mesin merupakan komponen penting pada kendaraan. Agar dapat bekerja secara optimal, perawatan rutin mutlak harus dilakukan. Namun di era milenial saat ini, konsumen membutuhkan layanan after sales yang cepat, tepat dan tentunya efisien.

Daytona Engine Care sebagai solusi perawatan mesin kendaraan yang mudah dan efisien, resmi meluncurkan 12 produk terbaru yang dirancang khusus untuk motor.

“Sejak 2015, kami sudah menawarkan produk-produk perawatan kendaraan. Saat ini kami tengah mengembangkan pasar dengan memperkenalkan 12 produk perawatan mesin motor,” ucap Harry Nurdin, Owner Daytona Engine Care dalam siaran resmi, Sabtu (29/2/2020).

Daytona Engine Care juga hadir di sejumlah bengkel resmi motor. Tidak hanya menawarkan
produk untuk mengembalikkan performa mesin seperti baru, Daytona juga menyediakan Chain Lubricants dan Motorcycle Helmet Freshners.

“Produk unggulan kami saat ini adalah water remover dirancang untuk menghilangkan uap air dari bensin/solar," kata dia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X