Bikin SIM Internasional Bisa Online, Tarifnya Cuma Rp 250.000

Kompas.com - 28/02/2020, 15:51 WIB
SIM Internasional Stanly/OtomaniaSIM Internasional
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mempermudah layanan pembuatan surat izin mengemudi ( SIM) internasional bagi masyarakat Indonesia, Korps Lalu Lintas ( Korlantas) Polri, kini memiliki layanan pembuatan secara online.

Menurut Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono, pembuatan SIM internasional online ini merupakan upaya dalam peningkatan pelayanan publik yang dikembangkan melalui basis IT.

"Kita telah bekerja sama dengan Dukcapil, Imigrasi, Bank BRI yang men-support kerjasama untuk mewujudkan peningkatan pelayanan publik ini. Salah satu langkah online yang kita lakukan ini adalah wujud bahwa kita ini selalu meningkatkan upaya peningkatan pelayanan-pelayanan yang bebas korupsi, cepat, mudah, dan dapat diakses," ucap Istiono dilansir dari NTMC, Jumat (28/2/2020).

Baca juga: Kata Yamaha soal Harga RX-King Bekas yang Makin Mahal

Lebih lanjut Istiono menjelaskan, SIM Internasional sejatinya ditunjukan bagi warga Indonesia yang ingin berkendara di luar negeri. Melalui adanya layanan daring tersebut, masyarakat tak perlu lagi mengantri terlalu lama.

Korlantas Polri resmikan SIM Internasional onlineNTMC Korlantas Polri resmikan SIM Internasional online

Istiono juga mengklaim bila SIM Internasional yang diterbitkan kepolisian Indonesia melalui Korlantas Polri telah diakui dan terlegitimasi di 188 negara dunia. Sayangnya tak di jelaskan negara mana saya yang mengakui SIM Internasional Indonesia.

"SIM internasional online kita ini telah diakui di 188 negara seluruh dunia. Tidak hanya negara Asean, melainkan negara seluruh dunia. Kemarin juga hasil rapat di Aseanapol juga mendukung soal itu. Khusus Asean itu sudah kerja sama semua, termasuk seluruh dunia itu," kata Istiono.

Nah, bagi masyarakat yang ingin membuat SIM Internasional secara online, caranya pun cukup mudah.

Pemohon hanya perlu melakukan registasi secara online, membayar via transfer online, baru kemudian datang ke gedung SIM Internasional online di NTMC Polri untuk melengkapi administrasi.

Proses pembuatan SIM InternasionalStanly/Otomania Proses pembuatan SIM Internasional

Baca juga: Tes Kesehatan Harus Lebih Diutamakan Ketika Membuat SIM

Sementara proses pembuatannya hanya 3 menit, namun pemohon tetap harus membawa persyaratan umum seperti SIM lokal atau nasional, dan e-KTP. Untuk biaya pembuatan SIM Internasional online dipatok Rp 250.000

"Harus ada SIM lokal dan KTP asli, makanya kita kerjasama disini adalah kerjasama dengan Dukcapil, Kemendagri, Imigrasi, BRI, dengan penguatan kelembagaan ini suatu hal yang harus kita lakukan ini lebih mudah," ujar Istiono.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X