Penyebab dan Cara Deteksi Kerusakan pada Power Window

Kompas.com - 28/02/2020, 14:51 WIB
Pemasangan power window untuk LCGC semakin membuat pemilik toko aksesori tersenyum. istimewaPemasangan power window untuk LCGC semakin membuat pemilik toko aksesori tersenyum.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Fitur pengatur kaca otomatis atau power window menjadi perangkat penting pada mobil.

Komponen ini semakin memudahkan pengemudi maupun penumpang untuk mengatur ketinggian kaca atau pun untuk membuka dan menutup kaca.

Penumpang cukup menekan tombol pengatur yang menempel pada doortrim yang ada di setiap pintu mobil. Di sana terdapat sejumlah tombol yang berfungsi untuk mengatur kaca pintu.

Tetapi, bagaimana jadinya saat tombol ditekan tetapi kaca tidak beranjak atau bergerak seperti yang diharapkan.

Jika hal itu terjadi, berarti ada yang tidak beres pada perangkat pengatur kaca otomatis tersebut. Permasalahan ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Baca juga: Tips Power Window Panjang Umur, Jangan Parkir Sembarangan

Berikut beberapa penyebab kerusakan yang terjadi pada power window

Kotoran

Ilustrasi kaca mobil kotorwww.angieslist.com Ilustrasi kaca mobil kotor

 

Bagian pintu mobil termasuk kacanya menjadi bagian yang rawan terkena debu. Kotoran yang menumpuk pada kaca bisa membuat kaca menjadi sulit bergerak saat penggerak kaca otomatis diaktifkan.

Pemilik bengkel spesialis pintu mobil, Berdikari Jaya, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Ngadino (48) mengatakan, kotoran yang menumpuk bisa menyebabkan kaca berat bergerak.

Untuk itu, membersihkan kaca perlu dilakukan untuk memastikan kondisinya tetap bersih, sehingga, saat power window diaktifkan kaca bisa lancar bergerak naik maupun turun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X