Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Baru, 2 Motor Bahan Buat Custom Motor

Kompas.com - 24/02/2020, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia motor custom terus bergerak. Jika beberapa tahun lalu banyak dihiasi oleh motor-motor besar, kini polanya berputar, motor dengan kubikasi kecil makin dilirik.

Andi Akbar dari Katros Garage, mengatakan, saat ini konsumen banyak yang mengkustom motor kecil untuk dipakai harian, ketika beberapa pabrikan mulai mengeluarkan motor bergaya retro dan neo retro.

Baca juga: Scorpio ala Chopper Jepang, Rasanya seperti Mengendarai Mobil

"Saat ini banyak bengkel-bengkel yang mengerjakan ubahan sederhana di motor pabrikan. Secara spesifik, motor tersebut adalah Kawasaki W175 dan Yamaha XSR155," katanya kepada Kompas.com, Minggu (23/2/2020).

Kawasaki W175 TRFoto: Sonny Hastara Kawasaki W175 TR

Atenk, panggilannya mengatakan, dengan hadirnya dua motor tersebut membuat permintaan Yamaha Scorpio, yakni salah satu motor favorit untuk dijadikan basis motor custom pun ikut terkena imbas.

"Dari segi permintaan konsumen, yang biasanya mencari bahan Scorpio, itu bisa dipastikan bakal menurun," katanya.

Baca juga: Yamaha XSR155 Flat Tracker, Jadi Terlihat Moge

Adapun sebelumnya, penyebab Scorpio banyak dilirik yakni harga yang cukup terjangkau. Secara teknis Scorpio juga tidak ''malu-maluin'' untuk bahan custom sebab spesifikasi mesinnya lumayan besar.

"Pemain motor custom, mau seberapa kayanya dia, jika dia pemain baru pasti akan memulainya dengan motor kecil. Motor kecil yang biasa direkomendasi oleh bengkel biasanya adalah Scorpio," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com