Pasar LMPV Masih Gemuk, Mitsubishi Xpander Facelift Lahir

Kompas.com - 22/02/2020, 06:32 WIB
Mitsubishi Xpander Facelift 2020 dok.MMKSIMitsubishi Xpander Facelift 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut tahun 2020, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mempercantik tampilan Xpander.

Mobil keluarga andalan Mitsubishi di tanah air ini diharapkan mampu merangsang pasar otomotif dalam negeri. Khususnya, pada segmen low multi purpose vehicle ( LMPV) atau mobil keluarga 7-penumpang.

Sebab, sebagaimana dikatakan Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) Yohannes Nangoi, bahwa pasar kendaraan keluarga akan tetap menjadi salah satu kontributor besar di total pasar mobil nasional.

Baca juga: Daftar Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang 2019

Mitsubishi Xpander Limited Mitsubishi Xpander Limited

"Pasar otomotif tahun ini diperkirakan akan naik 5 persen dibanding tahun sebelumnya. Mungkin LMPV atau mobil dengan kapasitas 7-penumpang masih ramai. Tahun lalu, kontribusinya sekitar 22 persen dari total market," katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data yang diolah dari Gaikindo, penjualan wholesales LMPV periode Januari-Desember 2019 mencapai 228.327 unit, atau sekitar 22 persen dari pasar mobil nasional yang mencapai 1,03 juta unit. Namun dibandingkan tahun sebelumnya, ada penurunan sekitar 11 persen.

Hal tersebut dipengaruhi dari penjualan mobil nasional yang melemah sampai 10 persen dibanding realisasi penjualan 2018 yang mencapai 1,15 juta unit. Meski demikian, pasar LMPV masih jadi salah satu yang terbesar atau gemuk.

Baca juga: 2 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengendara Motor Kopling

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

Adapun Xpander, menduduki posisi kedua sebagai mobil LMPV terlaris di 2019 dengan angka penjualan 62.666 unit. Walau turun 16 persen dibanding tahun sebelumnya, namun produk yang baru berusia dua tahun ini mampu konsisten untuk merebut posisi Toyota Avanza.

Diketahui, Avanza pada periode sama berhasil kembali menjadi LMPV dengan penjualan terbanyak dengan capaian 86.374 unit (termasuk transmover). Varian terlaris diisi oleh 1.3L dengan angka 65.172 unit.

Tepat di bawah mereka berdua, ada Suzuki Ertiga dengan penjualan 24.549 unit dan Daihatsu Xenia dengan 21.674 unit. Honda Mobilio nampak masih konsisten di posisi kelima dengan catatan penjualan 15.318 unit.

Mitsubishi resmi memperkenalkan Xpander CrossKompas.com Mitsubishi resmi memperkenalkan Xpander Cross

"Kami juga memiliki model Xpander Cross yang baru diluncurkan pada jelang akhir tahun 2019. Secara retail, sampai Desember itu kontribusinya mencapai 2.121 unit dari total penjualan Xpander. Pada Januari, sekitar 1.812 unit," ujar Head of Sales and Marketing Group MMKSI, Imam Choeru Cahya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X