Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar LMPV Masih Gemuk, Mitsubishi Xpander Facelift Lahir

Kompas.com - 22/02/2020, 06:32 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut tahun 2020, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mempercantik tampilan Xpander.

Mobil keluarga andalan Mitsubishi di tanah air ini diharapkan mampu merangsang pasar otomotif dalam negeri. Khususnya, pada segmen low multi purpose vehicle (LMPV) atau mobil keluarga 7-penumpang.

Sebab, sebagaimana dikatakan Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi, bahwa pasar kendaraan keluarga akan tetap menjadi salah satu kontributor besar di total pasar mobil nasional.

Baca juga: Daftar Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang 2019

Mitsubishi Xpander Limited Mitsubishi Xpander Limited

"Pasar otomotif tahun ini diperkirakan akan naik 5 persen dibanding tahun sebelumnya. Mungkin LMPV atau mobil dengan kapasitas 7-penumpang masih ramai. Tahun lalu, kontribusinya sekitar 22 persen dari total market," katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data yang diolah dari Gaikindo, penjualan wholesales LMPV periode Januari-Desember 2019 mencapai 228.327 unit, atau sekitar 22 persen dari pasar mobil nasional yang mencapai 1,03 juta unit. Namun dibandingkan tahun sebelumnya, ada penurunan sekitar 11 persen.

Hal tersebut dipengaruhi dari penjualan mobil nasional yang melemah sampai 10 persen dibanding realisasi penjualan 2018 yang mencapai 1,15 juta unit. Meski demikian, pasar LMPV masih jadi salah satu yang terbesar atau gemuk.

Baca juga: 2 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengendara Motor Kopling

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

Adapun Xpander, menduduki posisi kedua sebagai mobil LMPV terlaris di 2019 dengan angka penjualan 62.666 unit. Walau turun 16 persen dibanding tahun sebelumnya, namun produk yang baru berusia dua tahun ini mampu konsisten untuk merebut posisi Toyota Avanza.

Diketahui, Avanza pada periode sama berhasil kembali menjadi LMPV dengan penjualan terbanyak dengan capaian 86.374 unit (termasuk transmover). Varian terlaris diisi oleh 1.3L dengan angka 65.172 unit.

Tepat di bawah mereka berdua, ada Suzuki Ertiga dengan penjualan 24.549 unit dan Daihatsu Xenia dengan 21.674 unit. Honda Mobilio nampak masih konsisten di posisi kelima dengan catatan penjualan 15.318 unit.

Mitsubishi resmi memperkenalkan Xpander CrossKompas.com Mitsubishi resmi memperkenalkan Xpander Cross

"Kami juga memiliki model Xpander Cross yang baru diluncurkan pada jelang akhir tahun 2019. Secara retail, sampai Desember itu kontribusinya mencapai 2.121 unit dari total penjualan Xpander. Pada Januari, sekitar 1.812 unit," ujar Head of Sales and Marketing Group MMKSI, Imam Choeru Cahya.

Lantas, dapat kah Mitsubishi mencapai tujuannya untuk merebut gelar mobil terlaris di Indonesia tahun ini dengan Xpander facelift?

"Sejak pertama kali hadir di pasar otomotif Indonesia, Xpander telah menerima permintaan dan antusiasme yang luar biasa. Kami akan terus berupaya menghadirkan produk sebagai pilihan yang tepat dan cerdas untuk kebutuhan gaya hidup masyarakat," kata Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura di keterangan resminya, Jumat (21/2/2020).

Baca juga: Stok Mitsubishi Xpander 2019 Masih Ada, Dapat Diskon Rp 20 Juta

Mitsubishi Xpander Facelift 2020dok.MMKSI Mitsubishi Xpander Facelift 2020

Xpander Facelift

Tahun ini, Xpander mendapat sedikit penyempurnaan di beberapa sektor. Seperti, grille baru yang lebih lebar dan kokoh, pelek 16 inchi two tone baru, antena sirip hiu, sampai lampu LED di bagian head lamp dengan jangkauan cahaya yang lebih luas dan rear window defogger.

Sementara bagian interiornya, disematkan motif baru pada jok sehingga kesan sporty makin terasa. Kemudian di panel instrumen, ada sedikit aksen berbeda seperti ornamen kayu (varian Ultimate dan Exceed).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com