Benarkah Speedometer Digital pada Motor Rawan Terbakar Matahari?

Kompas.com - 07/02/2020, 16:12 WIB
Berselang beberapa detik setelah kontak diposisikan on, maka indikator akan mati dan speedometer kembali pada posisi nol. Inilah waktu yang tepat menyalakan motor injeksi Fachri FachrudinBerselang beberapa detik setelah kontak diposisikan on, maka indikator akan mati dan speedometer kembali pada posisi nol. Inilah waktu yang tepat menyalakan motor injeksi
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Sunburn atau terbakar matahari ternyata tidak hanya terjadi pada kulit saja, tetapi juga pada komponen kendaraan terutama sepeda motor. Bagian yang rawan menjadi korban panasnya matahari adalah digital speedometer.

Pada motor keluaran tahun 2005 hingga sekarang sudah banyak yang menggunakan speedometer digital. Permasalahannya yang paling sering dikeluhkan terjadinya indikator yang terbakar dan tidak berfungsi lagi.

Pada kondisi tersebut, mau tidak mau harus dilakukan perbaikan atau penggantian LCD pada indikator yang terbakar.

Pemilik bengkel Tohir Speed, Tohar Asfari (42) mengatakan, sunburn atau speedometer terbakar memang sangat sering terjadi pada kendaraan yang sudah menganut speedometer digital.

Baca juga: Kenali Penyebab Speedometer Tak Berfungsi

“Dulu terjadi pada speedometer supra 125 yang sudah digital dan yang paling banyak juga terjadi pada Honda CS1 karena speedometer CS1 full digital,” kata Tohar kepada Kompas.com, Jumat (7/2/2020).

Selama ini banyak konsumen yang melakukan servis di tempatnya juga sering mengeluhkan masalah speedometer yang terbakar.

Modifikasi speedometer pada mobilOtomania/Setyo Adi Modifikasi speedometer pada mobil

Pria yang akrab disapa Tohir ini mengatakan, jika speedometer sudah terkena penyakit ini maka indikator sudah tidak bisa terbaca lagi.

Sehingga, hal itu cukup menyusahkan pengendara karena tidak bisa memantau kondisi sepeda motornya.

Mulai dari indikator sisa bahan bakar yang ada di tangki bahan bakar, kecepatan, sampai dengan indikator yang lainnya.

Baca juga: Percaya atau Tidak, Speedometer Analog Pompa Adrenalin

“Ya kalau sudah terkena itu harus diganti, karena juga susah kalau diperbaiki,” katanya.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X