Masa Berlaku Pelat Nomor Cantik Hanya 5 Tahun

Kompas.com - 06/02/2020, 06:50 WIB
Ilustrasi plat nomor pilihan Grid.idIlustrasi plat nomor pilihan
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Seperti halnya pelat nomor biasa, menggunakan nomor cantik atau angka dan huruf pilihan ada batasan masa berlakunya. Secara umum, masa berlaku tanda nomor kendaraan bermotor ( TNKB) ini, yakni selama lima tahun.

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Nyoman Yogi mengatakan, pelat nomor pilihan juga memiliki batas masa aktif, yaitu selama lima tahun.

Jika masa berlaku sudah habis, pemilik kendaraan yang ingin menggunakan pelat nomor cantik sebelumnya, harus membayar seperti waktu pertama membuatnya.

Baca juga: Suzuki Pastikan XL7 Bermain di Segmen SUV, Bukan Sekadar Varian

Ilustrasi plat nomor jenis baruwartakota.tribunnews.com Ilustrasi plat nomor jenis baru

“Pelat nomor pilihan masa berlakunya mengikuti pajak lima tahunan STNK, kalau tidak dibayar, maka pemilik kendaraan harus menggunakan pelat nomor biasa lagi seperti kendaraan pada umumnya,” ujar Yogi kepada Kompas.com  Rabu (5/2/2020).

“Sementara kalau dibayar, maka pemilik kendaraan itu bisa kembali menggunakan pelat nomor cantik atau pilihan sesuai yang diinginkan,” katanya.

Yogi menambahkan, masa berlaku pelat nomor pilihan selama lima tahun hanya berlaku di wilayah yang sama.

Baca juga: Perbandingan Harga NMAX 2020 dengan PCX dan ADV

Jenis Huruf dan Angka Pada Plat Nomor CantikDari Ditlantas Polda Metro Jaya untuk Kompas.com Jenis Huruf dan Angka Pada Plat Nomor Cantik

Selain itu, pelat nomor pilihan atau cantik juga bisa tidak berlaku apabila pemilik kendaraan bermotor melakukan perubahan alamat, warna, dan mesin dalam kode wilayah yang sama.

“Jadi masa berlakunya sudah tercantum dalam surat keterangan yang dikeluarkan oleh kantor kepolisian daerah asal,” ucap Yogi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X