Jangan Berada di Lajur Kanan Tol kalau Baru Bisa Nyetir

Kompas.com - 05/02/2020, 13:02 WIB
Honda Prospect Motor menggelar uji coba berkendara di jalan tol layang menggunakan Honda CR-V HPMHonda Prospect Motor menggelar uji coba berkendara di jalan tol layang menggunakan Honda CR-V

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berkendara di jalan tol membutuhkan konsentrasi ekstra, pasalnya para pengemudi berkendara dengan kecepatan tinggi.

Dalam kecepatan tersebut, seseorang memiliki peluang besar mengalami kecelakaan jika tidak konsentrasi secara penuh.

Sonny Susmana Training Director Safety Defensive Consultant menjelaskan, lajur kanan pada jalan tol sangat berbahaya karena kecepatan kendaraan relatif lebih tinggi.

Lajur kanan itu sebenarnya diperuntukan hanya untuk mendahului,” ujar Sony belum lama ini kepada Kompas.com di Jakarta.

Baca juga: Pilihan MPV Bekas Rp 100 Jutaan, Ada Kijang Innova hingga Serena

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol pasal 5 butir (2), kecepatan kendaraan paling rendah di tol antar kota yaitu 80 kpj dan untuk tol dalam kota minimal kecepatannya 60 kpj.

Untuk pengemudi pemula memang lebih aman berkendara di kecepatan 60 kpj yaitu di lajur kiri.

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol jakarta-cikampek di Cikampek, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol jakarta-cikampek di Cikampek, Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).

Baca juga: Alex Marquez Puas Hasil Test Sepang, Siap Jinakkan RC213V

Namun kebanyakan orang saat ini sudah “masa bodo” dengan peraturan yang sudah dibuat, masih banyak pengemudi yang bersikap egois.

Seperti contohnya lajur kanan yang sering digunakan oleh bus atau truk yang bermuatan besar, padahal ini bisa membahayakan pengemudi lainnya sekaligus menimbulkan kemacetan.

Oleh sebab itu Sony berpesan penting sekali memperhatikan peraturan dalam berkendara di jalan tol, tertib dalam mengemudi sesuai lajur yang sudah ditentukan dapat meminimalisir kecelakaan.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X