Jangan Tunggu AC Mobil Tidak Dingin Baru Diservis

Kompas.com - 30/01/2020, 15:01 WIB
AC mobil perlu dirawat minimal 6 bulan sekali untuk mengantisipasi bau tak sedap. KompasOtomotif-Donny AprilianandaAC mobil perlu dirawat minimal 6 bulan sekali untuk mengantisipasi bau tak sedap.

JAKARTA, KOMPAS.com - AC ( air conditioner) memegang peranan penting dalam kenyamanan berkendara mobil, baik di musim kemarau atau musim hujan.

Untuk itu diperlukan perawatan khusus untuk memastikan AC mobil bisa bekerja optimal. Banyak yang datang untuk servis AC ketika komponen tersebut sedang bermasalah. Padahal AC dingin belum tentu tidak sedang bermasalah.

Baca juga: Beberapa Penyebab AC Mobil Jadi Tidak Dingin

“Walaupun AC-nya masih dingin tetap harus selalu dilakukan perawatan rutin bisa tiga bulan atau enam bulan, paling lama setahun sekali,” ujar Kevin Business Development Rotary Bintaro kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (29/01/2020)

Menurut Kevin, kebanyakan AC mobil rusak karena tidak diperhatikan pemilik kendaraan dan memilihmenyerahkannya ke bengkel resmi.

Servis di bengkel resmi tidak selalu melakukan pengerjaan AC secara detail. Umumnya hanya melakukan servis ringan seperti membersihkan filter AC.

Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkalawikipedia Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkala

Baca juga: Lebih Tipis, Bodi Mobil Murah Sulit Diakali Ketok Magic

“Seperti komponen receiver dryer yang memiliki peran penting untuk menyaring kotoran yang masuk kedalam mesin atau sistem AC, kemudian expansion valve yang berperan mengubah freon yang cair ke dalam bentuk gas, oli kompresor atau flushing sistem. Ini jarang dilakukan di diler,” ujar Kevin

Karena itu diharapkan pemilik mobil sebaiknya berperan aktif dalam merawat AC mobil secara rutin, agar udara yang dihasilkan tidak hanya sekedar dingin namun juga bersih dan sehat.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X