Kompas.com - 29/01/2020, 18:01 WIB
Ac mobil bisa membuat dehidrasi googleAc mobil bisa membuat dehidrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berkendara menggunakan mobil, air conditioner (AC) merupakan fitur yang tidak pernah absen digunakan. Ketika AC mobil kurang dingin maka berkendara pun tidak akan menjadi nyaman.

Freon yang bocor atau habis sering diduga menjadi penyebab utama AC menjadi tidak dingin. Kevin Bussiness Development Rotary Bintaro menjelaskan penyebab AC menjadi tidak dingin bermacam-macam.

Salah satunya memang adanya kebocoran pada klorofluorokarbon atau dikenal dengan nama freon. Namun selain itu ada banyak penyebab lain, seperti kompresor AC yang rusak, atau motor fan tidak berfungsi.

“Banyak sekali penyebab AC tidak dingin, tidak hanya karena freon. Tetapi bisa karena kompresor tidak bekerja, temperatur mesin naik, motor fan pendingin tidak bisa berfungsi dengan baik, motor blower tidak bekerja, bisa juga karena filter kotor,” ujar Kevin kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (29/01/2020)

Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkalawikipedia Biar lebih segar AC mobil harus tetap menjalani perawatan berkala

Baca juga: Respon Kebijakan ODOL, Mitsubishi Bakal Perkenalkan Produk Baru

Tidak hanya itu, evaporator beku dan berlendir juga sering menjadi penyebab utama AC tidak dingin. Karena adanya es batu yang mem-block keluarnya angin ke kabin penumpang.

Hal seperti ini yang nantinya akan mengakibatkan AC mobil tidak dingin dan berembun.

Kevin menambahkan faktor penyebab AC mobil tidak dingin itu sangat luas, untuk penyebab utama biasanya bisa diprediksi dari keluhan pengendara seperti apa, bisa juga diprediksi melalui kilometer mobilnya, jenis mobil dan tipe mobil.

Oleh karena itu perlu dilakukan perawatan rutin buat komponen AC, termasuk yang paling mudah membersihkan filter AC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.