Kenali Masalah dan Solusi saat Smart Key Mobil Tak Berfungsi

Kompas.com - 25/01/2020, 13:02 WIB
Smart key Nissan dan tombol engine start stop milik Mitsubishi. WikipediaSmart key Nissan dan tombol engine start stop milik Mitsubishi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Smart key saat ini merupakan teknologi yang memudahkan pengemudi membuka serta menyalakan mobil, tanpa harus menggunakan anak kunci. Selain itu fitur ini juga membuat mobil menjadi lebih aman.

Namun bagaimana jika tiba-tiba kunci pintar itu mengalami gangguan atau rusakan dan tidak bisa berfungsi secara normal?

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan, permasalahan yang sering terjadi dengan smart key adalah habis baterai.

Kebanyakan para pengemudi tidak memperhatikan hal itu, sehingga ketika ini terjadi akan menyulitkan ketika membuka atau menghidupkan mobil.

Baca juga: Cuma Pemilik yang Bisa Duplikat Kunci Immobilizer

“Partanda baterai melemah itu biasanya ketika ingin mengunci kendaraan dari jarak 1 atau 2 meter, responnya lambat. Ketika ini terjadi kita harus lebih dekat jaraknya dengan kendaraan kita,” ujar Anjar kepada KOMPAS.com, Sabtu (25/1/2020).

Desain smart key untuk NIssan GT-R karya desainer Danny BurnsideBehance/Danny Burnside Desain smart key untuk NIssan GT-R karya desainer Danny Burnside

Hal ini juga dibenarkan oleh Didi Ahadi selaku Dealer Technical Sepport Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM ), ketika baterai pada smart key melemah biasanya akan mempengaruhi fungsinya. Bahkan beberapa kasus tidak bisa menyalakan start pada mesin mobilnya.

Baca juga: DFSK Segera Luncurkan Mobil Baru, Harga Mulai Rp 180 Jutaan?

Menurut Didi, meski baterai lemah smart key masih memiliki sinyal rendah yang bisa digunakan untuk menyalakan mesin.

Kunci mobil Hyundai KonaKOMPAS.com/Ruly Kunci mobil Hyundai Kona

“Untuk pengguna mobil Toyota, saat smart key tidak berfungsi dekatkan logo Toyota di balik kunci ke tombol start engine. Dengan begitu mesin bisa menyala,” ujar Didi kepada KOMPAS.com, Sabtu (25/1/2020)

Didi menambahkan, sebaiknya pengemudi selalu mengecek masa baterai. Ketika sudah mendapat tanda respon melemah, sebaiknya dilakukan pergantian baterai agar smart key dapat bekerja secara optimal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X