Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2020, 13:15 WIB
Ari Purnomo,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Mencari onderdil mobil tidak selamanya harus ke diler atau toko spare part. Bagi anda yang ingin mencari onderdil mobil bekas yang berkualitas bisa datang ke Kota Solo, Jawa Tengah.

Di Kota Solo ada tempat di mana banyak menyediakan onderdil bekas dan dijamin asli. Tempat tersebut biasa dinamakan tempat penyembelihan mobil.

Lokasinya ada di bibir Sungai Bengawan Solo, Kecamatan Pasar Kliwon. Tepatnya di sebelah utara Jembatan Mojo yang menghubungan Solo dengan Kabupaten Sukoharjo.

Di tempat ini ada belasan penjual onderdil bekas. Mulai dari mobil keluaran terbaru sampai mobil lawas keluaran tahun 1970an. Untuk mobil baru, biasanya mobil-mobil yang pernah mengalami kecelakaan.

Baca juga: Bikin SIM di Satpas Daan Mogot Mulai Pakai Alat E-Drives Lagi

Meski begitu, sejumlah onderdilnya masih layak untuk digunakan. Hal ini karena, kondisi mobil tidak sepenuhnya hancur, sehingga beberapa onderdilnya masih bisa disubtitusikan.

Salah satu pedagang Dwi Prast (20) mengungkapkan, mobil-mobil yang dibelinya adalah mobil yang bekas mengalami tabrakan. Tetapi, beberapa bagiannya masih bisa diambil dan dijual.

Seorang pembeli tengah membeli onderdil mobil bekas di pusat onderdil bekas di Kota Solo. Ari Purnomo Seorang pembeli tengah membeli onderdil mobil bekas di pusat onderdil bekas di Kota Solo.

“ Ini mobil dari bekas tabrakan, ya ada yang dari diler ada pula dari leasing. Tapi kondisinya tidak rusak seluruhnya, paling sekitar 70 persen,” tuturnya saat ditemui Kompas.com, Minggu (19/1/2020).

Dwi menambahkan, pembeli yang datang ke tempatnya tidak hanya dari wilayah Solo Raya saja. Tetapi, ada yang datang dari luar Solo, seperti Surabaya dan juga dari berbagai kota lainnya.

“Memang kebanyakan yang datang ke sini adalah dari Solo Raya, tapi tidak sedikit pula yang datang dari luar Solo juga. Surabaya juga pernah datang untuk membeli onderdil,” katanya.

Baca juga: BMW Kebut-kebutan dan Kecelakaan, Ingat Ada Batas Kecepatan di Jalan Tol

Beberapa onderdil yang bisa dibeli dari tempat ini sangat beragam. Mulai dari bagian interior, kaca, kabel bodi, pintu, ban, bahkan mesin juga tersedia di tempat ini.

Yang pasti harga di tempat ini jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di diler atau pun di toko onderdil.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh salah seorang pembeli, Heru (40). Heru mengatakan, dirinya sudah sering membeli onderdil bekas di tempat penyembelihan mobil tersebut.

Selain kualitas yang masih bagus, harga yang ditawarkan juga sangat murah. Jauh lebih murah dibandingkan dengan harga dari diler atau toko.

Baca juga: Salah Kaprah Fungsi Behel pada Motor

“Sering mas saya membeli di sini, kualitasnya bagus. Barangnya juga masih baru, harga juga sangat murah, selain itu juga dijamin keasliannya,” ucapnya.

Keaslian dari onderdil yang dijual di pusat onderdil bekas di Solo itu memang sangat terjamin. Hal ini karena setiap onderdil itu merupakan copotan langsung dari mobil yang rusak.

Sehingga, pembeli juga bisa melihat langsung proses pencopotannya sebelum memastikan untuk membeli onderdil tersebut. Selain itu, yang bikin banyak pembeli datang ke tempat itu adalah harga yang bisa ditawar.

sejumlah mobil bekas mengalami kecelakaan berjajar di pusat onderdil bekas di Kota Solo.Ari Purnomo sejumlah mobil bekas mengalami kecelakaan berjajar di pusat onderdil bekas di Kota Solo.
Hal ini sangat berbeda saat membeli onderdil atau sparepart di toko atau di diler. Di Pasar Kliwon, pembeli bisa menawar harga onderdil yang akan dibelinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com