Bikin SIM di Satpas Daan Mogot Mulai Pakai Alat E-Drives Lagi

Kompas.com - 19/01/2020, 07:22 WIB
Ujian praktik SIM A dan C menggunakan sistem e-Drives Ujian praktik SIM A dan C menggunakan sistem e-Drives
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Ditlantas Polda Metro Jaya telah melakukan pengecekan terhadap perangkat E-Drives, untuk praktik uji Surat Izin Mengemudi ( SIM). Berdasarkan hasil pengecekan tim teknisi, ternyata tidak ditemukan adanya kerusakan pada perangkat tersebut.

Meskipun sebelumnya, alat E-Drives yang ada di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Daan Mogot, Jakarta Barat, sempat tergenang air. Ternyata tidak, dan alat ini kemungkinan bisa digunakan kembali pada Senin (20/1/2020).

Kasie SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin menjelaskan, beberapa bagian yang dilakukan pemeriksaan seperti tiang-tiang RFID (radio frequency identification) dan boks kontrol pada perangkat.

Baca juga: Blokir STNK yang Mati 2 Tahun Resmi Berlaku, Kendaraan Jadi Barang Rongsokan

Berdasarkan hasil pengecekan yang dilakukan tersebut, perangkat itu tidak mengalami kerusakan atau masih dalam kondisi normal.

unit uji SIM A dan SIM C yang digelar Garda Oto.Febri Ardani unit uji SIM A dan SIM C yang digelar Garda Oto.

"Untuk perangkat sudah diperiksa oleh teknisi kemarin. Dan hasilnya jaringan kabel, CCTV, RFID, traffic light dan control box tidak mengalami kerusakan," kata Hedwin saat dihubungi KOMPAS.com, kemarin.

Baca juga: Wajib Perhatikan Ini Ketika Berkendara di Sekitar Truk

Hedwin menambahkan, saat ini jumlah boks kontrol yang dimiliki Satpas SIM Daan Mogot sebanyak lima modul untuk sepeda motor dan enam khusus mobil. Modul-modul tersebut tidak luput dari pemeriksaan oleh teknisi.

“Semuanya sudah kami cek dan hasilnya baik," ujar Hedwin.

Hedwin menambahkan, sensor yang ada di patok dan terhubung dengan control room yang masih dalam tahap pengecekan oleh teknisi.

Apabila 180 sensor sudah dicek dan tidak ada kerusakan, seluruh sistem E-Drives bisa segera digunakan kembali.

Proses pelaksanaan uji praktik SIM menggungakan E-DrivesKOMPAS.com/Fauzan Proses pelaksanaan uji praktik SIM menggungakan E-Drives

"Saat ini kami masih fokus lagi untuk mengecek sensor getar, jumlah ada 180 sensor. Semoga Senin sudah bisa aktif lagi," kata Hedwin.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X